Anggota Saka Bahari Angkatan Ke 9 Lanal Nunukan Dilantik di Pantai Marina

Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN-Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah hadir pada acara Pelantikan Anggota Saka Bahari Lanal Nunukan Angkatan ke – 9 Kemah Pesisir 2022. Dengan mengambil tema “Menumbuhkan Jiwa Kemaritiman di Bumi Perbatasan Melalui Saka Bahari Nunukan”, pelantikan kali ini  digelar di Pantai Marina Sebatik, Sabtu (06/08).

Tampak turut hadir dalam kegiatan ini Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Nunukan Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, Kepala Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Nunukan, Andalan Cabang, Ketua Kwaran dan Andalan Ranting Sebatik serta Forkopimda Nunukan.

Baca Juga:  Kades Binusan Minta Ketegasan Instansi Terkait Soal Aturan Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut guna menambah ilmu kepada pramuka dalam jiwa kemaritim sesuai tema kegiatan yaitu menumbuhkan jiwa kemaritiman di bumi perbatasan melalui Saka Bahari Nunukan. Total siswa yang mengikuti kegiatan itu berjumlah 64 orang yang tersebar dari beberapa gudep yang ada di Nunukan dan Sebatik Barat.

Para siswa telah mengikuti latihan-latihan yang diselenggarakan setiap hari Sabtu di Mako Lanal Nunukan sebanyak 30 jam pelajaran sesuai aturan petunjuk penyelenggaraan satuan karya Bahari hingga mencapai syarat untuk dilakukannya pelantikan anggota Saka Bahari serta pelantikan latihan dasar satuan karya Bahari.

Baca Juga:  Siapkan Kuota 6.300, Pemprov Kucurkan Rp 15 M untuk Beasiswa Kaltara Unggul

Atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan, Wabup Hanafiah yang juga menjabat sebagai Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan ini  pada awal sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota pramuka yang baru dilantik dan mengatakan bahwa kehadiran pramuka Saka Bahari Lanal Nunukan angkatan 09 itu akan makin melengkapi kiprah pramuka bagi masyarakat.

“Saya percaya anggota-anggota pramuka Saka Bahari ini nantinya akan bisa memberikan karya-karya dan pengabdian terbaiknya bagi  masyarakat”, ucap Hanafiah.

Baca Juga:  Gubernur Hadiri Pengarahan Presiden, Ini 3 Poin yang Disampaikan Presiden

Lanjutnya, H. Hanafiah menyampaikan kepada anggota pramuka Saka Bahari bahwa di pramuka bisa belajar banyak hal yang sangat berguna dalam kehidupan. Kepemimpinan, kekompakan, kedisiplinan, kemandirian  tanggung jawab dan kerja keras adalah nilai-nilai luhur yang akan diperoleh selama bergabung menjadi anggota pramuka.

“Di pramuka, kalian juga akan mendapatkan banyak teman dan sahabat yang sama-sama memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap berbagai persoalan di tengah masyarakat”, tutupnya. (Prokompim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.