Aparat Gabungan Lakukan Penyekatan di Beberapa Titik Rawan di Nunukan

Kombes Pol Ary Doni meninjau posko Pengamanan di Pelabuhan Liem Hie Djung.

NUNUKAN-Polres Nunukan menyiapkan posko Pengamanan dan penyekatan dibeberapa titik rawan di Kabupaten Nunukan selama periode larangan mudik lebaran tahun 2021 diberlakukan. Penyekatan diperketat dibeberapa titik rawan sesuai atensi Kapolri.

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar melalui Kasubag Humas Polres Nunukan AKP M. Karyadi mengatakan operasi ketupat kayan 2021 mulai kita laksanakan selama 12 hari, pada 6 Mei hingga 17 Mei 2012. Ada beberapa atensi  yang disampaikan oleh Kapolri dan beberapa menteri, diantaranya penyampaian Kapolri bahwa Polres Nunukan mengelar operasi ketupat.

Bacaan Lainnya

“Beberapa Pos pengamanan dan Poster telah kita siapkan, titiknya di alun-alun Nunukan, Pos  pelayanan, kemudian Pos pengamanan di Pelabuhan, Yamaker, Sei Jepun juga di titik-titik yang rawan di beberapa kecamatan lainnya seperti Bambangan, Mentikas, Sungai Nyamuk, Sebuku dan Lumbis,” Jelas Karyadi, Senin (10/5).

Ia menyebutkan Operasi Ketupat kayan 2021 ini Kapolda juga menyarankan untuk melakukan pengawasan di tempat-tempat perbelanjaan sebagai tujuan untuk pendisiplinan terhadap masyarakat yang berbelanja di pasar-pasar tradisional. “Kita tidak ingin ada klauster-klauster baru yang muncul dari tempat perbelanjaan ini, seperti itu yang menjadi arahan Kapolda,” terangnya.

“Setiap hari pos Pelayanan dan terpadu dilakukan mobile, misalnya pusat perbelanjaan toko DMT kita harus memastikan waktu jam ramainnya, sehingga kita bisa mengontrol dan mengatur lalu lintas, menertibkan tempat parkir. Termasuk penyekatan-penyekatan, meslipun diwilayah kita berbatasan dengan menyeberangi laut namun operasi ini tetap kita laksanakan,” Jelas Karyadi.

Dia menerangkan, KSOP Nunukan juga telah melakukan pengecekan kelaiakan armada transportasi laut dan motoris bersama anak buah kapal harus menjalani pemeriksaan tes urine bekerja sama dengan BNNK hal ini upaya kita dalam mewujudkan Keamanan dan keselamatan tertib berlalu lintas dan lancar  (Kamseltibcar) di jalur laut maupun darat.

Baca Juga Dong:  Gelar Halal Bi Halal dan Pengukuhan Pengurus Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Se Kabupaten Nunukan

Tim Audit Tinjau Posko Pelayanan

Guna memastikan pelaksanaan ketupat Kayan 2021 berjalan normal dan lantar, Tim Audit Polda Kalimantan Utara melakukan kunjungan ke Pos Penyekatan dan Pengamanan serta Pos Pelayanan di wilayah Hukum Polres Nunukan

“Kemarin tim audit operasi Ketupat Kayan 2021 dari Polda yang di pimpin Kombes Pol Ary Doni bersama rombongan untuk meninjau seperti apa kegiatan operasi yang dilaksnakan Polres Nunukan berjalan atau belum. Peninjauan dari Pos dan Panel data , titik rawan lalu lintas dan rawan korban masyarakat, hal itu semua yang di tinjau dalam rangka membenahi operasi ketupat yang dilaksanaka selama 12 hari,” ujarnya

Selama 4 hari berjalan operasi ketupat kayan 2021 , Karyadi menyebutkan selama ini belum ada kejadian atau adanya masyarakat yang berkeras untuk memaksakan diri mudik, namun melihat kondisi saat ini masih ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Dengan peraturan Bupati nomor 2 tahun 2021 tentang pendisplinan dan pemberian sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan yang diedarkan bisa diterapkan karena saat ini hanya penertiban dan tindakan fisik oleh petugas Satpol PP yang didampingi Polres dan TNI  yang sering dilakukan.

“Yang selama ini kita hanya menertibkan dan memberikan sanksi tindakan fisik dan memberikan masker, untuk sanksi denda nanti dilihat moment yang tepat saat urgent. Kalau sanski denda kita tinggal berkordinasi dengan Satpol PP dan juga Kejaksaan untuk sidang ditempat,” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan