Bumdes dan Bumdesma Sebatik Ikuti Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Melalui Aplikasi Forsa

Print Friendly, PDF & Email
Peserta bimtek Bumdes dan Bumdesma Sebatik Ikuti Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Melalui Aplikasi Forsa. 

NUNUKAN-Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan BUM Des dan BUM Desa Bersama di Provinsi Kalimantan Utara. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Utara melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengelolaan Keuangan BUM Des dan BUM Desa Bersama melalui aplikasi FORSA-BUM Des dan Bum Desma.

Bimtek ini diikuti oleh  BUM Des dan BUM Desa Bersama se- Kecamatan Pulau Sebatik. Rangkaian kegiatan dilaksanakan selama Tiga hari sejak 7-9 November 2023.

Bacaan Lainnya

Seluruh peserta diberikan materi tentang manajemen pengelolaan keuangan yang baik dan benar, serta penggunaan aplikasi FORSA-BUM Des untuk memudahkan pengelolaan keuangan.

Auditor BPKP Kaltara Riski Fajar mengatakan, Aplikasi Forsa Bumdes itu adalah aplikasi yang memberikan layanan pengelolaan keuangan secara online yang berbasis web, dalam artian nanti seluruh bumdes dan bumdesma mampu menyusun laporan keuangan secara akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Aplikasi Forsa bumdes dan bumdesma ini selain menghasilkan laporan keuangan Nantinya juga menghasilkan bentuk laporan berbentuk manajemen laporan manajemen seperti itu.”ujarnya.

Dia, menyebutkan untuk tahap awal ini yang dilakukan Bimtek sebanyak 27 bumdes dan bumdesma termasuk di dalamnya.

“Aplikasi Forsa Bumdes ini sekarang sudah berbasis online jadi selama terhubung internet dari pengurus bumdes ataupun Bumdesma dapat melakukan  input transaksi.
secara online dapat digunakan secara offline enggak karena sekarang udah berbasis online aplikasi Forza Bumdes fondasi selama terhubung ke internet itu berarti masih bisa mengakses online,”jelasnya.

Riski berharap agar peserta bumdes dan bumdesma dapat mengimplementasikan aplikasi yang telah disediakan oleh BPKP dan mampu menjadi bentuk pertanggungjawaban dari kegiatan bumdes dan bumdesma selama 1 tahun anggaran.

Sementara itu, peserta Bimtek, Direktur Bumdes Sungai Nyamuk Berkah Sejahtera Mandiri, Muhammad Yusran mengatakan di bimtek ini diperkenalkan kepada kami sebuah aplikasi forsa bumdes berbasis online, dimana penggunaannya bisa dilakukan dimana saja dengan akses internet.

“Ini membuat keseragaman pelaporan keuangan secara standar akuntansi yang telah diterapkan di Indonesia, dan lebih mudah lagi pengawasannya oleh pihak terkait. Dengan aplikasi forsa bumdes ini, Chart Off Account (COA) nya telah tersedia sehingga kita tinggal memilih COA yang ada. Saat kita menjurnal sebuah transaksi, akan langsung masuk ke dalam neraca jika transaksi tersebut berkaitan dengan neraca, serta masuk ke laba rugi, jika transaksi tersebut berkaitan dengan laba rugi bahkan akan masuk ke dalam arus kas dan perubahan ekuitas jika transaksinya berkaitan dengan itu,”pungkas Muhammad Yusran

Untuk diketahui, Bimtek dilaksanakan di gedung BPU Desa Sungai Nyamuk mulai tanggal 7 November sampai 9 November. (*)

Dengarkan Kami di Aplikasi Solatafm Nunukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *