KRI Tawau Tunda Pemulangan 187 PMI Akibat Kasus Covid-19 di Penjara dan Depot Tahanan Imigrasi Meningkat

Heni Hamidah, Kepala KRI Tawau memantau pemulangan 50 WNI, Foto :KRI Tawau, Malaysia.
Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN, Pembawakabar.com-Konsulat Republik Indonesia (KRI) Tawau, Malaysia menunda pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 187 orang dikarenakan melonjaknya kasus covid-19 di Depot Imigresen Tawau (DIT).

Penundaan pemulangan tersebut tertuang dalam edaran KRI Tawau Nomor B-00224/Tawau/210801.

Bacaan Lainnya

Kepala KRI Tawau Heni Hamidah mengatakan bahwa Pada tanggal 31 Juli 2021 pihak imigrasi Tawau melaporkan 112 orang yang berada di dalam Depot Imigrasi Tawau terkonfirmasi terpapar covid-19.

“Dari 112 orang, ada 10 orang WNI. Dengan lonjakan kasus terpaparnya covid-19 di DIT tersebut, Pihak Kementerian Kesehatan Malaysia memberlakukan Perintah Kawalan Pergerakan Diperketat (PKPD) selama 14 hari kedepan,”Kata Heni Hamidah, Minggu (1/8).

Dia menambahkan, KRI telah melakukan kordinasi dengan pihak Imigrasi dan KKM untuk pemulangan WNI bermasalah sebanyak 187 yang dijadwalkan pada tanggal 4 Agustus 2021 ditunda sampai dengan masa karantina berakhir atau menunggu sampai waktu yang akan ditentukan.

“Penundaan deportasi ini bertujuan untuk mengendalikan penyebaran covid-19 dan memastikan WNI atau PMI yang akan di deportasi dalam keadaan sehat dan bebas covid-19. Kita akan terus memantau perkembangan situasi penanganan covid-19 di Depot Imigrasi Tawau,”ujar Heni.

Sementara untuk jadwal deportasi selanjutnya, Heni menyebutkan untuk memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan WNI dan kesiapan Pemerintah di Nunukan untuk menerima WNI yang akan di deportasi selanjutnya.

“Kita Pastikan dulu WNI dalam keadaan sehat dan bagaimana kesiapan Pemerintah di dalam negeri untuk menerima,” ungkapnya.

Diketahui kasus peningkatan Covid-19 di wilayah Tawau, Malaysia dalam minggu terakhir di bulan Juli 2021 menunjukkan trend peningkatan, khususnya untuk klaster penjara dan Depot Tahanan Imigrasi. (*)

Tinggalkan Balasan