Malam Nuzulul Quran, IPMKN Gelar Pawai Obor di Sebatik

Print Friendly, PDF & Email

SEBATIK-Malam Nuzulul Qur’an selalu menjadi momen yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali Pulau Sebatik, Kecamatan Sebatik Timur, malam Nuzulul Qur’an tahun ini dirayakan dengan menggelar lomba pawai obor ke XIII yang diikuti oleh berbagai komunitas dan organisasi serta pelajar yang ada se Pulau Sebatik, Jumat (7/4).

Lomba Pawai Obor yang digelar
Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Nunukan (IPMKN) itu diikuti 23 Peserta organisasi dan pelajar. Adapun pelaksanaannya di kawasan seputaran jalan Sebatik Utara menuju Sebatik Timur dan Finis di halaman parkir Aztrada 88 Sungai Nyamuk.

Kemeriahan Pawai Obor di sepanjang jalan Ahmad Yani cukup padat, terpantau kurang lebih 500 Meter dipadati peserta sehingga menyebabkan macet bak kota metropolitan.

Refinaldi Ketua Panitia saat ditemui Pembawakabar.com menjelaskan, dalam lomba pawai obor tersebut, peserta diharuskan untuk mengenakan pakaian muslim dan membawa obor yang dinyalakan. Mereka kemudian berjalan menyusuri jalan-jalan di sekitar jalan Ahmadi Yani sambil membawa obor dan membaca ayat-ayat suci Alqur’an.

Tak hanya itu, peserta juga menampilkan berbagai antraksi menarik seperti tarian dan musik yang mengiringi perjalanan mereka.

“Para peserta juga berlomba untuk membuat obor yang paling kreatif dan menarik perhatian”, ujar Refinaldi

Dia menuturkan, kegiatan ini berjalan sukses karena momennya dihadiri oleh ribuan warga pulau sebatik yang ingin menyaksikan keindahan pawai obor yang diadakan IPMKN dalam rangka malam Nuzulul Qur’an.

“Mereka terlihat antusias dan terkesan dengan keindahan obor yang dibawa oleh peserta,” ucap Refinaldi.

Sementara itu, Hamsing anggota dprd Nunukan yang juga merupakan dewan penasehat IPMKN mengatakan acara ini diadakan untuk memperingati malam Nuzulul Qur’an dan juga sebagai ajang silaturahmi antar komunitas dan organisasi pelajar di pulau Sebatik.

“Kami selaku alumni, dewan penasehat dari IPMKN berharap acara ini dapat mempererat tali persaudaraan antar umat muslim di Pulau Sebatik dan juga sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT,”ucap Hamsing.

Dia menyebut, acara lomba pawai obor dalam rangka malam Nuzulul Qur’an merupakan agenda tiap tahunan yang mana dilakukan oleh anak pelajar IPMKN Palu, sukses digelar dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat pulau Sebatik serta dukungan langsung dari para sponsor di Sebatik.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan dan menjadi tradisi yang melestarikan nilai-nilai keislaman di Indonesia khususnya di pulau Sebatik,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Anggota Dprd Nunukan Dapil Sebatik, Kapolsek Sebatik Timur, Camat Sebatik Timur, KUA Sebatik Timur, Sekcam Sebatik Utara, Sekcam Sebatik Timur, Forkopimcam Sebatik Timur, Aztrada 88, Mekar jaya dan beberapa sponsor lainnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *