Mewakili Bupati, Sekretaris Disdik Sudi Hermanto Launching TBM Pagun Taka

Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN-Literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Pagun Taka Desa Binusan, Kecamatan Nunukan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), resmi dilaunching, Kamis (16/2) di Rumah Adat Tidung Desa Binusan.

Peresmian itu diresmikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Sudi Hermanto yang dihadiri Kepala Desa Binusan Rudihartono, Pemangku Adat Tidung, pengarah sekaligus kepala Sekolah SDN 06 Binusan, Amirullah dan FO Litara Zulfahmi.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Ketua panitia Sartika menyampaikan sedikit harapan semoga TBM Pagun Taka Desa Binusan berjalan dengan baik dan bermanfaat untuk semua masyarakat, khususnya bagi generasi penerus.

“Mari Kita bersama mewujudkan generasi yang berakhlak mulia dan gemar membaca,” ucapnya.

Selanjutnya, mewakili Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Sudi Hermanto menyampaikan, budaya membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi suatu tuntutan.

Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu dengan mendorong tumbuhnya minat belajar masyarakat dan salah satu ciri terpenting dari masyarakat terpelajar adalah tingginya minat dan kegemaran membaca.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi atas adanya Taman Baca Masyarakat (TBM) Pagun Taka desa Binusan yang diinisiasi pemerintah desa Binusan bekerjasama dengan yayasan Litara Bandung. Saya menilai ini adalah inovasi yang baik, dengan adanya TBM saya berharap animo masyarakat dalan dunia literasi semakin tinggi sehingga ada ungkapan buku adalah jendela dunia,”tutur Sudi.

Menurutnya, semakin banyak kita belajar, maka semakin terbukalah pola pikir kita. Pemerintah kabupaten Nunukan terus berusaha menumbuhkan minat baca secara terus menerus dan berusaha menyatukan persepsi seluruh stakeholder guna meningkatkan dan membangkitkan minat baca di masyarakat.

“Harapan saya dengan dibukanya TBM Pagun Taka ini sebagai salah satu wadah pencegah menyebarnya informasi hoaks di tengah masyarakat yang mudah terpapar di era digitalisasi saat ini dan generasi muda kita dapat semakin antusias dalam dunia Literasi,” jelasnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Sudi Hermanto secara resmi melaunching TBM Pagun Taka.

Diakhir sambutannya, Sudi Hermanto menutup dengan membacakan pantun yang berbunyi;

Rumah kaca memiliki lobi
Tempat membuat kue serabi
Jika membaca dijadikan hobi
Ilmu didapat bertubi tubi.

Cahaya fajar terlihat semu
Warnanya ungu di atas batu
Banyak membaca sejuta ilmu
Agar hidup semakin bermutu.

Membelah mangga dengan sebongkah batu
Sebelum dimakan dicuci dulu
Syukur alhamdullilah litara sudah membantu
Ayo ramaikan taman bacamu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *