MTQ Ke – XVIII Kaltara Ditandai Pesta Kembang Api dan Pemukulan Bedug

Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN – Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke – XVIII Provinsi Kalimantan Utara di Masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan, Senin (19/6), ditandai dengan pesta kembang api dan pemukulan bedug oleh Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang.

Di acara pembukaan itu juga diserahkan Piala Bergilir MTQ Kaltara dari Kabupaten Bulungan selaku juara bertahan kepada gubernur.

Malam pembukaan MTQ Ke – XVIII diawali dengan penampilan rebana dari komunitas mualaf Kota Tarakan, nasyid, dan tari – tarian daerah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pawai dari masing – masing kafilah.

Pada MTQ kali ini, kafilah terbanyak berasal dari Kabupaten Bulungan sebanyak 95 orang, disusul oleh kafilah Malinau 85 orang, Tarakan 82 orang, dan Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung sebanyak 78 kafilah.

Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP, Bupati KTT Ibrahim Ali, Walikota Tarakan dr. H. Khairul, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Nunukan Abdul Munir, Kepala Kanwil Kemenag Kaltara Saifi, Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Hamzah tampak hadir dalam pembukaan tersebut.

Gubernur Zainal dalam sambutanya meminta agar MTQ digunakan sebagai momentum untuk membumikan Al – quran di tengah masyarakat.

Sementara itu Ketua LPTQ Kaltara Datu Iqro dalam kesempatan yang sama menyebutkan jika selama ini hadiah bagi para juara dalam MTQ tingkat provinsi selalu lebih kecil dari kabupaten/kota, maka mulai tahun ini nilainya sudah ditingkatkan. “Alhamdulilah, mulai tahun ini hadiah bagi juara MTQ provinsi sudah diatas kabupaten/kota,” kata Datu Iqro. (Prokompim)

Dengarkan Kami di Aplikasi Solatafm Nunukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *