Mulai Beroperasi, Pelabuhan Jetty Desa Binusan Buka Pelayanan Bongkar Muat

Pelabuhan Jetty Pagun Taka Desa Binusan yang di kelola Bumdes Binusan sejahtera.

NUNUKAN-Pemerintah Desa Binusan mulai membuka Pelayanan Sandar dan bongkar muat di Pelabuhan Jetty Pagun Taka yang berada di Sei Fatimah  Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

 

Kepala Desa Binusan Rudihartono menerangkan Pelabuhan Jetty  Pagun Taka yang dibangun merupakan pelabuhan di Desa Binusan yang dikelola oleh BUMDes Binusan Sejahtera.

 

“Alhamdulillah Pelabuhan kita sudah resmi dan mulai dapat melayani sandar dan bongkar muat,” tuturnya.

 

Dijelaskan Rudi, Pelabuhan Jetty tersebut dirancang untuk jangka panjang dengan desain untuk kapal tungboat dan LCT, serta jenis kapal lainnya.

 

“Sementara untuk saat ini kita mampu menampung dua kapal besar untuk sandar, sementara untuk bongkar muat bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan jadwal bongkar muat kapal yang diberikan pihak yang menanggani itu,” jelasnya.

 

Ia menuturkan untuk yang ingin mengunakan pelabuhan Jetty, dapat mendaftar di Bumdes Binusan Sejahtera di Kantor Desa Binusan.

 

“Kita sementara membuka pelayanan pengurusan pengunaan pelabuhan Jetty di Kantor Desa Binusan melalui Bumdes Sejahtera Binusan,” ucapnya.

 

Selain Pelabuhan Jetty Pagun Taka, Rudi menyebutkan ada dua Pelabuhan Jetty yang saat ini masih dalam proses yakni Pelabuhan Jetty Sungai Banjar dan Jetty Sei Pasir.

 

“Untuk kedua jetty ini masih dalam proses, Jetty Sei Pasir dan Jetty Ujang Basmi ini atas  kerja sama dengan masyarakat setempat yang bekerja sama dengan Bumdes Binusan. Kita harap ini semua bisa terlaksana sehingga kita mampu meningkatkan pendapatan Pendapatan Desa dan Negara,” ucapnya.

 

“Sesuai Peraturan Kementerian PP Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. Kita Pemerintah Desa Binusan melaksanakan atau melakukan kegiatan berupa Aset pelabuhan  Jetty tentu ini sebagai langkah kami menambah pendapatan desa dan Negara,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan