Partai Buruh dan Garuda Tidak Mengajukan Bacalegnya, KPU:Tahapan Selanjutnya Verifikasi Berkas Bacalon

Print Friendly, PDF & Email


NUNUKAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan menutup tahapan pengajuan pendaftaran bakal calon legislatif  (bacaleg) Pemilu 2024, Senin (15/5/2023).

Dari  18 partai politik (parpol) peserta pemilu 2024 di Kabupaten Nunukan, hingga detik akhir, pukul 23.59 Wita, Partai Garuda dan Partai Buruh tidak mengajukan berkas persyaratan bacalegnya ke KPU Nunukan.

Bacaan Lainnya

Parpol paling akhir mengajukan pendaftaran bacaleg, Partai Ummat, sementara Partai Gelora yang mengajukan bacalegnya pada Minggu 14 Mei 2023 sore, mengalami pengembalian berkas oleh KPU Nunukan.

Ketua KPU Nunukan, Rahman SP mengatakan, secara keseluruhan hasil akhir sampai batas waktu yang ditentukan yaitu 23: 59 dini hari, hanya dua partai yang tidak mengajukan bakal calon yaitu partai buruh dan Partai Garuda.

Pantauan Pembawakabar.com, sementara 15 partai lainnya telah mengajukan bacalegnya dan telah mendapatkan surat resmi dari KPU Nunukan yang menyatakan berkas partai telah lengkap. Namun satu partai politik yaitu partai Gelora yang juga mendaftarkan bakal calon legislatifnya saat diverifikasi KPU mengembalikan berkasnya. Dan setelah melakukan perbaikan, pada pukul 23. 30 wita.

Gelora kembali menyerahkan berkas namun saat diverifikasi KPU, berkas fisik yang dibawa tidak sesuai dengan data pada sistem informasi pencalonan (Silon), sehingga Gelora kembali melakukan perbaikan hingga melewati batas akhir pendaftaran, dan berkas pendaftaran partai bernomor urut 7 itu dikembalikan KPU.

“Sementara partai Gelora memang ada masalah gangguan di Silon yang kemudian kami kembalikan dan diberikan surat berita acara,” jelas Rahman.

Untuk  selanjutnya, kata dia nanti untuk syarat-syarat administrasi calonnya partai politik itu nanti akan dilakukan pemeriksaan dokumen secara administrasi itu tanggal 15 Mei 2023 sampai dengan 23 Juni 2023.

“Jadi ini belum kita kroscek apakah dia memenuhi syarat misalkan identitasnya terpenuhi, ijazah nya  apa kah biasanya apakah dia sudah dilegalisir atau tidak di sini hanya kita melihat ada atau tidak ada itu aja dulu untuk dokumen-dokumen selama pengajuannya,” terangnya.

Setelah dilakukan verifikasi oleh KPU, nanti ada masa perbaikan dan KPU akan memberitahukan kepada partai politik hal yang perlu diperbaiki. Yang diperbaiki ini yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan PKPU 10 tahun 2023 terkait pencalonan.

Dua partai yang tidak mengajukan bacalegnya, ketua KPU Nunukan menjelaskan informasi divisi teknis partai tersebut di awal sudah mengkonfirmasi, dan kita berharap bahwa semua partai itu tetap akan mengajukan calonnya, namun dua partai itu kembali mengkonfirmasi  memang tidak mengajukan calon.

Dari dua partai tersebut, Rahman menyebutkan mengenai partai Buruh ini kan awalnya memang tidak terverifikasi di Nunukan, sehingga  jika terpenuhi di dalam 4 kabupaten/ kota di provinsi Kaltara itu nanti bisa keseluruhan masuk dalam di provinsi sehingga memenuhi syarat.

“Soal partai ini memiliki kantor di Nunukan kami memang tidak mengetahui. Tetapi jika partai tersebut ada kantornya tentu kami juga melakukan pelayanan kepada mereka,”pungkas Rahman. (**)

Dengarkan Kami di Aplikasi Solatafm Nunukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *