Partai PKN Mulai Lebarkan Sayap di Kaltara

Print Friendly, PDF & Email

TARAKAN – Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sejumlah partai politik (parpol) baru mulai bermunculan baik di tingkat nasional maupun daerah. Salah satunya, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) besutan Gede Pasek Suardika, yang merupakan mantan kader Partai Hanura sekaligus loyalis Anas Urbaningrum.

Di Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri, PKN mulai melebarkan sayapnya dengan membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten dan kota se-Kaltara. Hal ini, dikatakan langsung Ketua Pimpinan Daerah (Pimda) PKN Kaltara, Hermawan, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (27/11/2021).

Bacaan Lainnya

Untuk kepengurusan PKN di seluruh Kaltara,sejak menerima sebagai Ketua Pimda PKN Kaltara pada 25 November 2021, Hermawan menjelaskan, PKN Kaltara diberi tempo untuk segera membentuk kepengurusan Pimpinan Cabang (Pimca) baik ditingkat kabupaten, kota hingga kecamatan.

“Jadi, mandan sebagai Ketua Pimda ini dibuat pada 16 November tapi baru saya terima dan diberikan secara formal di Jakarta 25 November. Setelah itu, PKN Kaltara ditarget maksimal sebulan untuk membentuk kepengurusannya baik ditingkat provinsi, kabupaten dan kota,” jelas Hermawan.

Meski ditarget sebulan untuk membentuk kepengurusan, Hermawan menuturkan, PKN Kaltara telah siap membentuk struktur kepengurusannya. Hanya saja, memang masih ada posisi dalam kepengurusan yang harus dikonsolidasikan dengan teman-teman, mulai dari provinsi hingga kabupaten dan kota.

“Kalau di setiap daerah di Kaltara sudah siap dan orang-orangnya juga sudah ada, tapi memang perlu pemantapan dan konsolidasi lagi, karena sebelum ke Jakarta menerima mandat saya sudah berkomunikasi dan Alhamdulillah responnya bagus, mungkin karena faktor Anas Urbaningrum dan Gede Pasek,” tuturnya.

Baca Juga Dong:  Kapal Angkut Barang Kerap Kandas, Gubernur Zainal Cek Lokasi Pengganti Pelabuhan Peti Kemas Kayan I

Disinggung apakah adanya politikus senior dari Kaltara yang siap bergabung di PKN Pusat, Hermawan menyebutkan, di PKN Kaltara ini tentunya sudah ada orang-orang atau tokoh yang mendapatkan konfirmasi dari pusat, bahwasanya akan banyak yang siap bergabung dan membesarkan PKN di pusat dan daerah.

“Banyak yang siap bergabung, baik itu dari jalur organisasi kemahasiswaan, Persatuan Pemuda Indonesia (PPI) hingga dari mantan kader Partai Demokrat dan Hanura, karena kita ketahui, Anas Urbaningrum sebagai Penasehat PKN Pusat dan Gede Pasek Ketum PKN ini memiliki jaringan hingga ke daerah,” sebutnya.

“Hanya saja, pesan Ketum, PKN di daerah mendapat arahan untuk merangkul kader yang mau bekerja dan berpikir bahwa gotong royong adalah hal utama untuk membesarkan partai,” tambah Hermawan.

Tidak hanya itu, arahan dari Ketum Gede Pasek, Hermawan mengungkapkan, PKN di daerah juga harus bisa merangkul anak-anak muda, untuk memperkuat akar PKN di daerah. Di mana, pemuda yang dirangkul diproyeksikan bakal menjadi generasi penerus calon pemimpin di daerah seperti di anggota legislatif dan kepala daerah.

“Karena di PKN bukan mengincar tokoh, tapi bagaimana caranya di PKN itu bisa menciptakan tokoh-tokoh baru,” ungkapnya.

Sebagai parpol baru, Hermawan mengatakan, PKN Kaltara akan terus bekerja untuk menarik simpatisan masyarakat di Kaltara. Salah satunya, dengan membawa nama besar Anas Urbaningrum dan Gede Pasek selaku pengurus PKN Pusat dan juga politikus senior yang memilki nama besar, serta loyalis hingga ke daerah.

Di mana, tambah Hermawan, Anas Urbaningrum dan Gede Pasek ini merupakan ruh dari PKN yang telah lama berkecimpung di dunia politik yang dikenal luas oleh masyarakat. Yang mana, kedua tokoh ini merupakan promosi awal bagi PKN untuk mengait simpatisan maupun kader-kader baru.

Baca Juga Dong:  Apel Gabungan KORPRI Perdana di Tahun 2022, Bupati Laura Ajak ASN Banyak Bersyukur

“Orang yang bergerak di bidang politik pasti paham sepak terjang Anas Urbaningrum dan Gede Pasek, jadi PKN di daerah hanya tinggal meneruskan cara-cara pendekatan melalui jaringan yang telah terbentuk dari kedua tokoh ini,” pungkasnya. (*/KB03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan