Pemdes Tanjung Karang Salurkan BLT-DD Kepada 32 KPM

Print Friendly, PDF & Email

SEBATIK-Pemerintah Desa Tanjung Karang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) Tahap IV Tahun 2022 kepada 32 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran bantuan tersebut dilaksanakan di Aula kantor Desa Tanjung Karang, Sebatik Induk.

Bantuan tersebut merupakan salah satu bantuan yang diberikan kepada Masyarakat Desa dalam upaya menekan dampak pandemi covid-19, terutama bagi warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 yang belum tersentuh bantuan dari pusat.

Kepala Desa Tanjung Karang, Faisal, S. Ip menerangkan,
berdasarkan Perpres No.104 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dimana 40 % harus terserap untuk Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Baca Juga:  Wabup Nunukan Selaku Ketua Kwarcab Nunukan Kukuhkan Pengurus Saka Bhayangkara Polres Nunukan

BLT tahap IV tahun 2022, Pemerintah Desa Tanjung Karang menyerahkan kepada 34 KPM, namun ada 2 Penerima Manfaat yang meninggal dunia.

“Untuk dana BLT-DD yang dua orang tersebut yang meninggal dunia sebesar Rp.1, 8 juta yang belum tersalurkan nantinya akan di silpakan berdasarkan berita acara Nomor:1247 DTK.V/005/XII/2022,” jelasnya.

BLT ini diberikan selama 3 bulan dengan jumlah besaran Rp 300.000, sehingga penerima menerima dengan jumlah sebesar Rp.900 ribu untuk 3 bulan (Oktober, November dan Desember 2022).

Baca Juga:  Hamsing Soroti Kapal Asing di Sebatik, Minta Instansi Terkait Lakukan Pengawasan Ketat

“Setiap penerima BLT ini harus melengkapi dokumen berupa fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan tanda tangan daftar nama sebagai bahan dasar yang menerima dan sebagai tanggung jawab bagi pemerintah desa,”ujar Faisal.

Adapun Penetapan KPM BLT DD, sambung Faisal, merupakan hasil musyawarah desa (Musdes) yang dilaksanakan bersama BPD sebelumnya, dan hasilnya ditetapkan sebanyak 34 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Tanjung Karang dari 12 Rt.

“Penyaluran BLT DD terhadap KPM sudah melalui mekanisme mulai dari pembentukan tim validasi, pendataan, dan musdes bersama BPD,” urainya.

Baca Juga:  Ke Perbatasan, Gubernur Tinjau Program Bedah Rumah dan Penyediaan Air Bersih Warga

Faisal berharap, bantuan langsung tunai yang disalurkan Pemerintah Desa Tanjung Karang melalui dana desa dapat meringankan beban bagi KPM.

“Harapan kami selaku pemerintah desa Tanjung Karang dengan ada nya bantuan BLT-DD ini dapat membantu meringankan beban dan bermanfaat bagi keluarga,”tutupnya.

Kegiatan penyerahan bantuan BLT-dana desa di hadiri Sekcam Sebatik Induk, Kepala Desa Tanjung Karang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ketua BPD Desa Tanjung Karang dan Staf Desa. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *