Pemprov dan BI Kaltara Bersinergi Dorong Pelaku UMKM Melek Digital

Print Friendly, PDF & Email

TANJUNG SELOR – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Kaltara ke-9, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI) Kaltara menggelar kegiatan Karya Kreatif Benuanta (KKB) 2021 yang diselenggarakan di Hotel Luminor pada Rabu, (13/10).

Kegiatan KKB ini juga merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Go Borneo yang baru saja di resmikan Selasa (12/10/2021) kemarin. Acara ini juga dalam rangka memeriahkan Gernas BBI dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (GBWI) .

Bacaan Lainnya

Hadir dalam pembukaan seremonial ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ketua DPRD Provinsi Kaltara, Bupati Bulungan, Kepala Perwakilan BI Kaltara, serta dihadiri secara virtual oleh Gubernur Kaltara, dan Kepala Perwakilan BI Koordinator Kalimantan.

Melalui kegiatan ini, Kepala Perwakilan BI Kaltara, Tedy Arief Budiman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bangga dan menggunakan produk lokal serta memotivasi diri untuk berkontribusi dalam memajukan Kaltara.

Ia juga mengapresiasi seluruh pihak yang turut bekerja sama dan berkolaborasi dalam kegiatan ini. Beberapa pihak yang dimaksud antara lain Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota, Pelaku UMKM, dan stakeholder lainnya.

“KKB 2021 merupakan hasil kolaborasi dalam mendorong UMKM Kaltara berdaya saing tinggi dan mengedepankan inovasi digitaliasi serta optimis, kuat, dan tangguh di masa pandemi,” ungkapnya.

Mengangkat tema ‘Peningkatan Kapasitas Ekonomi Melalui Gerbang (GERakan BANGga) UMKM Benuanta DIHATI (Digital, Tangguh, dan InovaTIf)’, Tedy mengungkapkan bahwa kegiatan ini bersinergi dengan e-commerce sebagai platform promosi dan jual beli secara daring.

Baca Juga Dong:  Pemerintah Nunukan Senantiasa Fasilitasi TKI, Munir: Perusahaan Sawit Hanya Terima Pekerja Buruh Kasar

Kegiatan ini baru pertama kalinya dilangsungkan di Ibu Kota Kaltara, Tanjung Selor yang sebelumnya merupakan eskalasi dari event serupa yang diselenggarakan di Kota Tarakan tahun lalu.

Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang dalam sambutannya, turut mengapresiasi acara KKB tahun 2021, dimana kegiatan ini juga turut mendukung dan memotivasi UMKM di Kaltara untuk terus berinovasi terutama di masa pandemi ini. Pemprov juga berusaha untuk mendorong penguatan UMKM dengan kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan lokal.
.
“Kami (Pemerintah) juga berupaya untuk mempercepat penyaluran bantuan kepada pelaku UMKM di Kaltara untuk membantu beberapa permasalahan terutama di masa pandemi ini,” jelasnya.

Zainal juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut andil dalam mensukseskan acara ini, khususnya kepada Bank Indonesia yang secara konsisten terus mendukung UMKM lokal melalui berbagai program pengembangan.

“Harapannya, sinergi dan dukungan seperti ini dapat terus berlanjut sebagai salah satu langkah kita dalam upaya mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah, maju, dan sejahtera,” pungkasnya menutup sambutan. (gg/dkispkaltara)

Tinggalkan Balasan