PKBM Ambalat Mulya Gelar UPK Terhadap 16 Siswa Secara Tatap Muka

peserta ujian Kesetaraan PKBM Ambalat Mulya, Foto:Istimewa

SANGGATA- Pusat Pendidikan Belajar Masyarakat (PKBM) Ambalat Mulya Sanggata, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur melaksanakan Ujian Kesetaraan (UPK) bagi siswa nya kelas paket C  secara tatap muka atau luring.

Tercatat 16 orang siswa mengikuti UPK selama empat hari yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret 2021 hingga  1 April 2021.

Bacaan Lainnya

Jumadil Kepala sekolah atau Ketua PKBM Ambalat Mulya mengatakan, UPK ini berdasarkan Intruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalu edaran yang mengharuskan peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan salah satunya adalah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yaitu Ujian Sekolah.

“Edaran ini mewajibkan Satuan pendidikan nonformal mengelar ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) secara daring mau pun luring yang telah di atur berdasarkan aturan POS UPK. Melalui edaran ini kita merasa senang dan bangga, karena melihat antusias dan semangat peserta didik mengikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan ini,” ucap Jumadil, Kamis (1/4).

Ia menuturkan, sebanyak 16 siswa mengikuti dalam UPK Paket C tahun 2021 yang diselenggarakan selama 4 hari. “UPK kita baru saja selesai, karena kita mulai pada tanggal 29 Maret 2021 hingga hari ini Kamis  April 2021, dimana hari terakhir ada dua ujian yaitu tertulis seperti hari sebelumnya dan ujian Praktek Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Ujian Kesetaraan ini dilaksanakan karena beberapa hal sebut Jumadil diantaranya kondisi jaringan yang tidak memungkinkann dan beberapa siswa yang tidak memiliki handpone.

“Kami laksanakan UPK secara tatap muka karena jaringan tidak stabil dan beberapa siswa kami belum memiliki handpone canggih, namun ujian ini kami lakukan dengan protokol kesehatan dengan mencuci tangan,jmenggunakan handsanitizer, menggunakan masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Baca Juga Dong:  Gubernur Dukung Pencanangan Mara Satu Sebagai Desa Wisata

Jumadil juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu PKBM Ambalat Mulya hingga terlaksanannya UPK  tersebut.

“Kami  mengucapkan banyak terima kasih kepada KPC yang selalu menfasilitasi kegiatan kami, ibu Hamida Aspan, S.Pd selaku Kasi Bina Program dan Kesetaraan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir memonitoring pelaksanaan UPK serta mahasiswa KKL STAI Sangatta yang sudah ikut membantu mengawasi jalannya ujian di pkbm kami,” tutup Jumadil. (Red)

Tinggalkan Balasan