Polres Nunukan Musnahkan 18,388 Kilogram Sabu

Kapolres Nunukan bersama Kepala BNNK Nunukan, Perwakilan Kejaksaan dan Pengadilan musnahkan sabu-sabu dengan dilarutkan ke dalam wadah berisi air.

NUNUKAN, Pembawakabar.com-Polres Nunukan, Polda Kaltara memusnahkan barang bukti hasil pengungkapan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika jenis sabu-sabu seberat 18,388,35 Kilogram.

Pemusnahan barang bukti tersebut dipimpin langsung Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar dan Kepala BNNK Nunukan Kompol Sunarto sera Perwakilan Kejaksaan dan Pengadilan Kabupaten Nunukan.

Bacaan Lainnya

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar mengatakan pemusnahan barang bukti sab-sabu ini merupakan pengungkapan  selama bulan April hingga Juni 2021.

“Barang bukti sebanyak 18,388,35 kilogram yang dimusnahkan ini sudah mendapatkan penetapan dari Pengadilan, ini merupakan hasil pengungkapan narkoba yang dilakukan oleh Satreskoba bersama jajaran Polsek Sebatik selama bulan apri hingga bulan Juni dengan 16 laporan polisi,” terangnya, Selasa (29/6).

Syaiful mengatakan, Pemusnahan ini sengaja dilakukan dalam momentum menjelang hari Bhayangkara ke 75 dan mendapatkan penetapan serta kondisi gudang penyimpanan yang sudah tidak memiliki tempat  yaang memadai.

“Daripada ini menghilang tanpa sebab dan kita menghindari dari hal yang tidak diinginkan sehingga kita musnahkan,” ujarnya.

Syaiful Anwar menuturkan jika pelaku-pelaku dalam menyelundupkan sabu-sabu modus operandinya masih sama dari tahun ke tahun dengan mengunakan bungkus teh china atau mengunakan barang lainnya.

“Kalau modusnya masih sama, sabu dengan ukuran besar itu rata-rata menguankan pembungkus teh china, kalau untuk yang paket kecil itu mengunakan plastik kecil transparan,” sebutnya.

Dia juga mengatakan jika bandar Narkoba semua berada di Malaysia. “Semua bandar di Sebelah, Cuma dalam dunia peredaran narkoba ini jaringan terputus antara kurir dengan bandar tidak saling kenal karena jaringan, jaringannya seperti akar,” demikian Kapolres.

Baca Juga Dong:  Temui Gubernur, Pemkot Tarakan Tindaklanjuti Wacana Pemanfaatan Air Sungai Sekatak

Pemusnahan sabu seberat 18,388,35 Kilogram ini dilarutkan ke dalam wadah dan dimasukan kedalam water closet (WC) oleh Personil Satreskoba dengan pengawalan oleh Satuan Provost Polres Nunukan. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan