Polres Nunukan Siapkan Gedung Khusus Pelayanan Masyarakat

NUNUKAN-Dalam rangka mendukung program kerja 100 hari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menuju transformasi Polri, Polres Nunukan meningkatkan pelayanan publik secara terpadu bagi kemudahan masyarakat yang datang ke Polres Nunukan dalam hal pelayanan pengurusan sim, SKCK maupun pengaduan lainnya.

Peningkatan pelayanan publik ini berdasarkan Peraturan Kapolri No.7 tahun 2019 Tentang Pusat Kendali Command Center dan Surat Kapolri No.B/1612/III/oTL2/2021/ tanggal 9 Maret 2021 Direktif Kapolri tentang Hubungan Tata Cara Kerja (HTCK) Pelayanan publik Terpadu.

Bacaan Lainnya

Meskipun Polres Nunukan yang telah di dukung dengan command center dan beberapa aplikasi yang dapat di akses masyarakat di android, Polres Nunukan terus berinovasi dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Polres Nunukan khususnya di bidang Teknologi informasi dalam pelatihan Command Center yang nantinya akan menjadi pusat komando dalam mendukung pelayanan terpadu.

Selain command center dan beberapa aplikasi, Polres Nunukan yang di pimpin AKBP Syaiful Anwar ini membuka pelayanan Respon Time panggilan 110, dimana panggilan respon 110 ini disiapkan untuk memberikan pelayanan jarak jauh apabila masyarakat ingin melaporkan kepada polres Nunukan yang emergensi untuk ditindaklanjuti oleh kepolisian, misalnya Perampokan, Jambet, Kecelakaan dan Kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar mengatakan sangat merespon direktif Kapolri tentang HTCK Pelayanan Publik terpadu.

“Polres Nunukan terus akan berinovasi dalam meningkatkan Pelayanan publik kepada masyarakat, sehingga masyarakat semakin mudah, cepat, murah dalam menerima pelayanan yang dibutuhkan,” Kata Syaiful Anwar.

Baca Juga Dong:  Bupati Nunukan Rilis Edaran Pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Berikut Tiga Poin Pentingnya

Dikatakannya salah satunnya Pelayanan Respon Time 110, pelayanan bagi masyarakat ini bebas biaya atau bebas pulsa sehingga masyarakat dengan mudah untuk menghubungi polisi bila ada kejadian yang sifatnya segera untuk kita tindak lanjut.

Syaiful Anwar berharap pelayanan publik terpadu satu atap ini bisa memudahkan masyarakat yang memerlukan bantuan kepolisian seperti laporan tindak kejahatannya dalam bentuk laporan pengaduan maupun laporan polisi. Karena pihaknya telah mempersiapkan gedung yang nantinya dijadikan tempat pelayanan khusus bagi masyarakat.

“Polres Nunukan sudah memiliki gedung yang baru kita bangun di halaman tribrata, bangunan ini sebagai command center Polres Nunukan yang mana Masyarakat yang memerlukan pelayanan pembuatan SIM dan SKCK maka fasilitas Gedung pelayanan terpadu satu atap dalam waktu dekat akan kita fungsikan,” ujarnya.

“Pelayanan Terpadu satu Atap dengan Standar Operasional Prosedur ini akan terkoneksi dengan Command Center, sehingga diharapkan pelayanan publik dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat yang datang di polres Nunukan,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan