Polsek Sebatik Barat Bersama Pemerintah Daerah Lakukan Pemeriksaan Produk Kadaluwarsa

Print Friendly, PDF & Email

SEBATIK-Guna mengantisipasi peredaran makanan dan minuman kadaluwarsa, Polsek Sebatik Barat bersama pemerintah daerah dan instansi terkait, melakukan pengecekan di beberapa toko yang ada di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan, Kamis (24/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, petugas mengecek beberapa toko yang menjual makanan maupun minuman serta bahan makanan pokok, untuk dilakukan pemeriksaan masa kadaluwarsa dan mengecek barang tertentu yang dapat dipalsukan oleh pembuatannya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Maraknya Penjualan BBM Asal Malaysia, DPRD Minta Pemda Nunukan Lakukan Rapat

Dari 10 toko yang dilakukan pemeriksaan kesemuanya didapati memiliki berbagai bahan makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa. Salah satunya di Toko yang berada di Jl. Mulawarman Rt 09. Di toko miliknya didapati beberapa sembako yang sudah kadaluwarsa diantaranya, Creamy latte 2 bungkus, Torabica susu 5 bungkus, White coffe 6 bungkus, Serbuk Kurma 4 bungkus, Pewarna makanan 6 botol dan Pengering kue 5 kotak.

Baca Juga:  Nekad Curi Motor Tetangga, Pria ini Diringkus Polisi

Kapolsek Sebatik Barat Iptu Maswoko mengatakan, sembako yang kadaluwarsa tersebut akan diamankan di kantor Kecamatan, kemudian dilaporkan kepada pihak Satpol-PP Kabupaten Nunukan dan selanjutnya akan dikoordinasikan ke Polres Nunukan dan Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan untuk dilakukan pemusnahan.

  1. Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai Perda Pasal 27 ayat (1) Peraturan Daerah nomor 5 tahun 2017 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat yang dijelaskan, Setiap orang dilarang menjual mengedarkan, menyimpan, mengelola pangan yang tidak memenuhi syarat-syarat kesehatan dan tidak layak konsumsi.
Baca Juga:  Hamsing Soroti Kapal Asing di Sebatik, Minta Instansi Terkait Lakukan Pengawasan Ketat

Terpisah, Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, mengatakan dengan adanya pengecekan masa kadaluwarsa dari beberapa jenis bahan makanan maupun minuman serta bahan pokok dapat mencegah peredaran makanan dan minuman tidak layak konsumsi.

“Pemilik toko juga perlu diingatkan untuk selalu mengecek barang dagangannya, jangan sampai ada masyarakat yang jadi korban karena kelalaian pemiliknya,“ tegas Kapolres. (Humas Polres Nunukan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *