SAE Lanuka Mulai Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

Pengunjung Wisata SAE Lanuka Tugu Mandau.( Foto:RR Humas Lanuka)
Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN-Sarana Asimilasi dan Edukasi Narapidana (SAE) Lanuka dengan icon Tugu Mandau yang terletak di Kecamatan Nunukan Selatan, saat ini makin dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Nunukan, mulai dari wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara dari negeri Jiran, Malaysia.

Tidak mengherankan karena SAE LANUKA yang berjarak sekitar 22 kilometer dari kawasan Kota Nunukan menyimpan tempat wisata yang tidak kalah menarik dari destinasi lain yang ada di Kalimantan.

Bacaan Lainnya

“Sae Lanuka sebagai destinasi wisata yang tidak diragukan lagi, sebagai taman wisata edukasi agro yang mengangkat kearifan lokal” ujar Kalapas Nunukan, I wayan Nurasta Wibawa dalam sambungan telephonenya, Sabtu (24/09).

Baca Juga:  Nenek Atirah Setelah Berusia 50 Tahun Baru Memiliki e-KTP

Setiap Minggunya semakin banyak wisatawan yang menjadikan SAE LANUKA sebagai alternatif tujuan berwisata, salah satunya taman wisata agro yang menghasilkan sayur mayur yang dapat di petik dan dibeli langsung oleh pengunjung, kemudian icon tugu mandau yang mengangkat budaya lokal, perjalanan jenis-jenis hukuman dari zaman dulu hingga sekarang dan ayunan rindu yang memberikan suasana syahdu.

Tak kalah menyenangkan lagi kita bisa berkaraoke ria dan masih banyak lagi, pokoknya pas untuk wisata keluarga dengan pesona alam yang memiliki udara segar, berfoto di sini juga akan menghasilkan gambar yang keren.

Sementara itu, penanggung jawab SAE LANUKA,  Hendra Maha Saputra, menjelaskan bahwa taman sarana asimilasi dan edukasi yang dimilikinya di samping memperkenalkan kearifan lokal merupakan wisata edukasi bagi para wisatawan untuk mengenal jenis komoditi pertanian sayuran, perkebunan dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Dansatgas Pamtas Yonif 621/Manuntung Terima 2 Pucuk Senjata Penabur dari Masyarakat

Dia menambahkan, bahwa peningkatan kunjungan wisata di SAE Lanuka kerap terjadi pada libur hari-hari besar dan akhir pekan.

Salah satu yang menarik di Wisata SAE Lanuka, panggung Karaoke bagi pengunjung. (Foto RR Humas Lanuka).

“Kalo hari sabtu dan minggu itu pengunjungnya bisa mencapai angka 500 orang,” ujarnya.

“Tempat ini cocok sekali untuk edukasi anak-anak , di sini setiap pohon dan sayur kita kasih petunjuk papan nama dan jenis-jenisnya , jadi mereka suka,” tambah Hendra.

Tak hanya puas dengan itu saja, Hendra menyebutkan, untuk menambah daya tarik wisata yang ada di lahan sekitar 10 hektar dengan beberapa penambahan wahana bermain seperti mobil-mobilan untuk anak- anak yang sudah kita mulai bangun sirkuit mininya,  galery hasil karya narapidana, kafe dan juga rencana kita bangun kolam renang.

“Jadi di sini nantinya terkumpul jadi satu tempat wisata dan wahana bermain, ada kolam, taman buah dan sayur, peternakan dan wisata kulinernya juga akan disiapkan,” jelasnya.

Baca Juga:  Gubernur Usulkan Kuota BBM Tahun Depan Ditambah

Salah satu pengunjung yang di temui, Ida mengatakan dirinya dan teman-temannya merasa senang.

“SAE LANUKA ini sudah dikenal sebagai destinasi wisata di Nunukan, kita bisa melepaskan kepenatan terutama di akhir pekan dengan berkunjung ke SAE lanuka, menikmati suasana alam yang indah dan udara segar dari ketinggian. Kemudian bisa bernyanyi ria dengan fasilitas karaoke yang disediakan. Pokoknya luar biasa sekali,”ujar Ida.

Untuk diketahui, SAE Lanuka dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata keluarga yang wajib dikunjungi. Harus kesini jika ingin menambah koleksi foto keren di akun media sosial kalian. (RR Humas Lanuka)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *