TP-PKK Desa Binusan Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76 dengan Lomba Cerdas Cermat dan Memasak

Pengurus TP-PKK Kecamatan melakukan penilaian.
Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN,Pembawakabar.com-Tim Pengerak (TP) PKK Desa Binusan bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Nunukan, mengelar lomba cerdas cermat dan lomba memasak.

Kegiatan lomba tersebut untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, sekaligus merajut kekompakkan.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua PKK Desa Binusan Aminah menerangkan, kegiatan ini merupakan semangat ibu-ibu PKK desa Binusan untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi PKK Desa Binusan untuk merajut kekompakkan antara kelompok kerja PKK yang ada di Desa Binusan,” ujarnya.

Aminah menyebutkan, sebelumnya PKK desa Binusan mengelar lomba cerdas cermat, dimana lomba tersebut untuk mengasah kembali kelompok kerja PKK mengenai tentang fungsi PKK.

untuk dewan juri, PKK Desa Binusan mengundang Ketua PKK Kecamatan dan Penyuluh Pertanian Kecamatan.

“Iya kita pertamanya mengadakan lomba cerdas-cermat untuk pokja hal ini untuk mengasah dan membangunkan kembali pemahaman tentang fungsi PKK,” tutur Aminah.

Selain membangkitkan kembali pemahaman fungsi PKK, tambah Aminah, kita juga merajut kekompakan dengan mengadakan lomba memasak dari bahan pokok singkong dan jagung serta minuman herbal yang di racik sendiri dari bahan-bahan sekitar.

“kita mengadakan ini untuk menguji kekompakan Pokja yang ada di desa Binusan dan tentunya kita tahu setelah diam dirumah dan menjalani PKKM, kita rasa semua yang kita bangun sebagian mulai terlupakan,” tuturnya.

Aminah menyebutkan dalam lomba masak, peserta di uji dengan mengolah makanan berbahan dasar singkong dan jagung serta jahe.

Baca Juga Dong:  Melalui KPA, Pemprov Tingkatkan Upaya Penanganan HIV/AIDS di Kaltara

“Kategori kita penilaiannya adalah bahan pokok lokal yakni singkong, jagung dan daun kelor serta jahe. Peserta kita uji dengan membuat makanan tradisional menjadi makanan yang enak dan lezat termasuk membuat minuman herbal,” sebutnya.

Dari pantauan pembawakabar.com, salah satu makanan khas yang sangat unik adalah makanan Aluk atau Ilui yang di olah oleh Pokja Sei Fatimah, makanan tersebut di olah dari Singkong yang di peras lalu di bakar.

“Ini makanan khas Masyarakat Tidung bahan dasarnya dari Singkong, cara membuatnya sangat mudah, singkongnya di peras lalu di bakar. Untuk penyajiannya cukup dengan sambal teri atau bisa dengan toping lain,” sebut Peserta dari Pokja Sei Fatimah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan