Wabup H. Hanafiah Buka Gelar Wicara dan Pameran Program Pelatihan dan Pendampingan Fasilitator Pemanfaatan Buku Bacaan Anak

Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN – ”Sebagai program prioritas, kegiatan pelatihan dan pendampingan fasilitator pemanfaatan buku bacaan anak harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, sebagai ujung tombak dalam meningkatkan kemampuan berliterasi, para fasilitator di wilayah kabupaten Nunukan idealnya mendapatkan pendampingan dalam pemanfaatan buku bacaan anak”.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah SE.,M.Si saat membuka acara Showcase Gelar Wicara dan Pameran Program Pelatihan dan Pendampingan Fasilitator Pemanfaatan Buku Bacaan Anak Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Tim LITARA bertempat di Ruang Pertemuan Lt. V Kantor Bupati Nunukan, Sabtu (24/06/2023).

Bacaan Lainnya

Lebih Lanjut Hanafiah menyampaikan bahwa kemampuan membaca dan menulis adalah hal yang mendasar yang menyertai kehidupan seseorang. Perkembangan literasi di sebuah negara oleh banyak pihak dijadikan sebuah parameter atau ukuran dalam menentukan maju atau tidaknya negara tersebut, dan perkembangan literasi di sebuah negara menentukan kredit point suatu negara.

”Pada negara-negara yang memiliki kesadaran literasi yang tinggi secara umum masyarakat lebih mudah diajak untuk memajukan negaranya, dan negara-negara tersebut juga berkembang pesat di berbagai bidang”, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan merujuk arahan Mendikbudristek agar literasi berfokus pada anak-anak PAUD dan SD karena Mendikbudristek meyakini bahwa usia anak-anak PAUD dan SD sangat terbuka untuk tertarik dan mencintai buku.

”Mari kita mendorong anak-anak untuk mencintai buku sesuai dengan perspektif mereka masing-masing. Ingat bahwa tujuan pemanfaatan buku bacaan anak membantu anak-anak agar nantinya dapat hidup layak, karena kita percaya bahwa buku merupakan sumber ilmu dan ilmu dapat menaklukkan dunia. dibutuhkan kerja sama antara semua pihak, baik pemerintah, lembaga pendidikan swasta dan masyarakat untuk memajukan kegiatan ini”, tambahnya.

Atas nama pemerintah kabupaten nunukan, Wabup H. Hanafiah menyambut baik sekaligus apresiasi yang tinggi kepada Tim LITARA yang telah menyelenggarakan showcase berupa gelar wicara dan pameran ini.

”Kami berharap apa yang menjadi tujuan kegiatan ini bisa terwujud dan dapat merangsang minat membaca anak-anak untuk menjadikan buku sebagai sebuah kebiasaan. Kami juga berharap semakin banyak informasi yang dapat dikaji dan difahami melalui Showcase gelar wicara dan pameran buku bacaan anak ini.

Sebagai info, kegiatan ini merupakan ajang gelar karya bagi sekolah dan TBM yang telah menerima pendampingan pemanfaatan buku bacaan anak. Jadi showcase memberikan gambaran adanya perubahan budaya literasi dan menunjukkan bahwa sekarang gerakan literasi di sekolah sudah berkembang secara signifikan”, ujar H. Hanafiah.

Selain membuka acara dengan resmi, Wabup H. Hanafiah juga menyaksikan pameran Buku yang diikuti oleh seluruh peserta. (PROKOMPIM)

Dengarkan Kami di Aplikasi Solatafm Nunukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *