Wabup Nunukan Buka Lomba Semarak Pekan Maulid, Hanafiah Beri Ruang Pemenang Mengaplikasikan di Masjid Islamic Center

Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN-Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah membuka secara resmi lomba semarak pekan Maulid Tahun 2022 yang dilaksanakan di Sekolah  MA Al Ikhlas, Sabtu (15/01).

Kegiatan ini dibuka pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustad Harto M Tonata yang kemudian dilanjutkan Salawat Nabi yang diikuti oleh semua tamu dan undangan.

Bacaan Lainnya

Adanya kegiatan ini terlaksana sebagai media silaturahmi PW LP Ma’arif NU Provinsi Kaltara dengan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Nunukan, sekaligus mengisi momentum pekan Maulid melalui kegiatan yang bermanfaat yang diikuti peserta dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah(MTs), dan Madrasah Aliyah(MA) di Kabupaten Nunukan.

Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah dalam membuka acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan semarak pekan Maulid merupakan ajang untuk mengukur dan menilai potensi yang dimiliki masing-masing  siswa untuk menunjukkan kemampuan dan membiasakan diri untuk tampil di depan banyak orang atau merasakan suasana kompetisi.

” Saya melihat kegiatan semarak ini sangat sangat penting, karena kita akan membuat perlombaan atau pertandingan terhadap anak-anak didik kita, untuk mengukur sejauh mana kemampuan yang dimiliki secara intelektual dalam rangka menimpa ilmu pengetahuan sesuai dengan level masing-masing”, ungkap Wabup Hanafiah.

Wabup Hanafiah juga mengatakan bahwa dengan perlombaan nantinya dapat melatih para siswa siswi untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, dan juga dapat merasakan suasana kompetisi sebelum terjun ke masyarakat.

” Dan saya pikir kegiatan ini adalah ajang bagi mereka untuk sebelum terjun ke masyarakat, artinya kita bekali dengan ilmu pengetahuan, dibekali dengan pengalaman, dibekali keterampilan, yang dilanjutkan dengan perbanyak tampil dengan lomba misalnya, insyaallah nanti dapat diaplikasikan di keseharian apabila sudah berada di tengah masyarakat”, jelas H. Hanafiah.

Baca Juga Dong:  Hanafiah : Amanah Cup Bentuk Kepedulian Pemerintah Terhadap Olahraga

Tidak hanya itu, menurut Wabup Hanafiah, dengan memperbanyak ilmu pengetahuan dibidang keagamaan juga akan menjadi tameng yang nanti melindungi diri dari berbagai pengaruh yang tidak baik seperti narkoba dan sebagainya.

” Dengan mereka dibekali ilmu keagamaan, pengetahuan yang menjadi dasar mereka sehingga terhindar dari kegiatan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga dari pengaruh narkoba”, jelasnya.

Lebih jauh, Wabup Hanafiah memberikan ruang kepada siswa siswi terbaik nantinya untuk di aplikasi di tengah masyarakat, seperti misalnya pemenang lomba Adzan diundang untuk adzan di mesjid Islamic Center pada hari Jum’at.

” Kiranya juara terbaik Adzan nantinya dapat diundang di mesjid Islamic Center setiap shalat Jum’at atau kapan waktunya, nanti dikomunikasikan saja dengan pengelola Islamic Center, mereka harus dikasih ruang untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki,” tutup H. Hanafiah

Dalam laporan ketua panitia Mutmainah kegiatan ini sudah berlangsung dari tanggal 14 -15 Desember 2022, dengan  lomba yang dipertandingkan seperti lomba adzan di ikuti oleh 6 MI, Hafalan Surah tingkat MI 6 peserta, tingkat MTs 7 peserta dan tingkat MA 8 peserta. Kemudian lomba cerdas cermat khusus MA diikuti 6 peserta,  Syarhil Qur’an khusus MA diikuti 5 peserta, Lomba Pidato di ikuti 7 peserta dan Jepen tingkat MA diikuti 3 peserta. (Prokompim)

Tinggalkan Balasan