ZCD Baznas RI Studi Banding Ke Sebatik, Kampung Sadar Zakat Jadi Pilot Project

Salmiah bersama tim ZCD Baznas RI

NUNUKAN-Zakat Comunitiy Development (ZCD) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan studi banding ke Kabupaten Nunukan.

Studi banding ini dipimpin langsung oleh Irfan sebagai Manajer CZD Baznas RI, sebagaimana di Ketahui bahwa Program Kampung Sadar Zakat adalah sebuah Program Unggulan Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kecamatan Sebatik Timur, Sabtu (12/6/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan studi banding ini dipusatkan di BPU Pantai Indah Kecamatan Sebatik Timur, yang di hadiri Anggota DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Nursan, SH, Kepala Kemenag Nunukan H.M. Saleh, S.Ag, M.Pd, Camat Sebatik Timur Wahyuddin, S.Sos, Camat Sebatik Utara Zulkifli, SE, Ketua Baznas Nunukan, Kepala KUA Se-Pulau Sebatik, Kepala Desa Se-Kecamatan Sebatik Timur, Pimpinan Pondok Pesantren Mutiara Bangsa Sebatik Ustadz H. Abu Ubaidah, Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan .Sebatik Timur dan Sahabat Baznas se-Pulau Sebatik.

Sebagai inisitor Kampung Sadar Zakat, Salmiah, S.Pd menyampaikan rasa ucapan terima kasih kepada ZCD Baznas Ri atas kunjungannya di Kabupaten Nunukan, Khususnya Sebatik di Kampung Sadar Zakat.

” Kami selaku Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sebatik Timur merasa terhormat dan berterima kasih atas kunjungan dari ZCD BAZNAS RI Ke Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur. Semoga ini bukanlah kunjungan terakhir tapi akan kembali dalam kegiatan selanjutnya,” ucap Salmiah.

Usai menyampaikan beberapa sambutan, Salmiah juga sedikit memaparkan gambaran umum mengenai latar belakang Kampung Sadar Zakat kepada ZCD Baznas.

Kedatangnan ZCD Baznas juga disambut baik Pemerintah Kabupaten Nunukan khususnya Kecamatan Sebatik.

Baca Juga Dong:  Gubernur Zainal Apresiasi Pemberian 100 Tabung Oksigen untuk RSUD Nunukan dari Pengusaha Sebatik

“Selamat datang kepada Tim ZCD di Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur dan Sebagai camat sangat mengapresiasi atas kinerja para Penyuluh Agama Islam selaku pengurus UPZ yang senantiasa mensoislisasikan zakat kepada Masyarakat,” kata Camat.

Sementara itu, kepala Kemenag Nunukan, H. M. Saleh mendukung Pamerakarsa kampung sadar zakat, dengan berbagai inovasi yang dilakukan.

” Saya berterima Kasih kepada Camat Sebatik Timur dan Kepala KUA Sebatik Timur selaku motivator Kampung Sadar Zakat, Dan Apresiasi atas kinerja Penyuluh Agama Islam Sebatik timur atas inovasi yang dilakukan, Semoga bisa dicontoh penyuluh kecamatan lain.” ucap H.M.Saleh.

Selanjutnya, Ketua Baznas Nunukan, H Ust Zahri Fadli dikesempatan itu menyampaikan saldo dana zakat yang telah dikumpulkan selama bulan Mei-Juni 2021.

“Harapan kita pengumpulan dana zakat  tahun 2021 ini bisa melebihi target,” tuturnya

Mendengar sambutan beberapa pejabat, Manajer  ZCD BAZNAS RI Irfan mengucapkan terima kasih atas sambutan warga Kecamatan Sebatik Timur.

“Kedatangan Kami di Kabupaten Nunukan ada beberapa agend yaitu dalam rangka meninjau pilot project Kampung Zakat di Sebatik Tengah sekaligus ingin bersilaturrahim kepada Warga Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur yang namanya sudah diKenal hingga di Pusat,” terangnya.

Dia juga menambahkan bahwa Ia dan rombongan telah berkeliling Indonesia, namun pertama kali di dengarnya Kampung Sadar Zakat ada di Sebatik.

“ Kami telah berkeliling Indonesia dan baru kali ini ada yang namanya Kampung Sadar Zakat,” sebutnya.

(IT KUA Sebatik Timur)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan