Hadiri Penutupan TMMD Ke-111, Wabup Hanafiah Berterima Kasih Atas Sinergitas TNI bersama Masyarakat

Wabup Hanafiah Menandatangani Hasil TMMD Ke-111 tahun 2021 bersama Dandim 0911 Letkol CZi Eko Pur Indriyanto.

NUNUKAN, Pembawakabar.com– Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah mewakili Bupati Nunukan menghadiri acara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Tahun 2021 di Aula Makodim 0911/Nnk, Desa Binusan, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (14/07).

Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah dalam sambutannya menyampaikan Penutupan kegiatan TMMD di wilayah perbatasan yang ke 111 di Kabupaten Nunukan setelah berlangsungnya kurang lebih 1 bulan, kegiatan TMMD secara resmi berakhir pada tahun ini.

Bacaan Lainnya

Wabup Hanafiah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI  yang telah menunjukkan sinergi dan kebersamaan yang kuat dengan masyarakat di desa Binusan Dalam yang terbangun saat kegiatan TMMD berlangsung.

“Saya berharap semangat kebersamaan dan  sinergitas ini akan terus terpelihara di masa-masa mendatang meskipun kegiatan TMMD ini sudah selesai karena semangat kebersamaan dan gotong royong inilah yang selama ini menjadi ciri dan kepribadian bangsa ini,” tuturnya.

Hanafiah menuturkan, minimnya sarana infrastruktur seperti Jalan, jembatan, saluran irigasi fasilitas pendidikan kesehatan di wilayah-wilayah pedesaan sampai saat ini masih menjadi persoalan serius sehingga telah menyebabkan tingginya berbagai biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat melalui alokasi dana desa.

“Pemerintah percaya kemanunggalan TNI dan rakyat ini akan menjadi kekuatan luar biasa untuk mengatasi berbagai persoalan di tengah masyarakat sekaligus menjadi benteng pertahanan yang kokoh bagi bangsa dan negara ini dalam menghadapi berbagai ancaman,” tuturnya.

Menurutnya, melalui kegiatan TMMD TNI selama ini telah banyak membantu pemerintah daerah dalam membangun atau memperbaiki berbagai sarana infrastruktur di berbagai wilayah pedesaan, serta membantu meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat desa-desa melalui berbagai kegiatan bakti sosial, penyuluhan dan pelatihan-pelatihan sehingga tidak mengherankan jika kegiatan TMMD selalu mendapat sambutan dan dukungan yang antusias dari masyarakat.

Baca Juga Dong:  Serahkan Bantuan Tujuh Ton Oksigen Medis Untuk Kaltara, Gubernur Zainal Apresiasi PT PKT

Wabup Hanafiah menjelaskan Perlu adanya komitmen dan konsistensi dari semua pihak dalam mengatasi persoalan tersebut secara bersama-sama, dan berbicara soal komitmen terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan, maka TNI selalu berada di garis terdepan. Komitmen itu semata-mata dilandasi oleh sebuah keyakinan yang terpatri selama ini,  bahwa TNI dan rakyat tidak akan pernah bisa dipisahkan bersama rakyat TNI kuat dan bermartabat, tanpa rakyat TNI menjadi lemah dan tak berdaya.

“izinkanlah sekali lagi saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya ke kepada seluruh jajaran TNI dan semua pihak yang telah terlibat secara aktif mendukung kegiatan TMMD ini sehingga sukses dan semua yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik” tutup Hanafiah.

Sementara itu, Panglima Kodam Vl/Mulawarman selaku pengendali kegiatan operasional TNI Manunggal Membangun Desa Mayor Jenderal TNI, Heri Wiranto yang diwakili Dandim 0911 Nunukan  Letkol Czi. Eko Pur Indriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 tahun 2021 yang diselenggarakan selama 30 hari merupakan Operasi Bakti TNI. Kegiatan yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemerintah daerah, Polri dan Instansi terkait serta Masyarakat.

“TMMD diselenggarakan untuk membantu Pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur dan membuka daerah yang terisolir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kehidupan berbangsa,” tuturnya.

Pelaksanaan TMMD kali yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0904/Pase, Kodim 0911/Nunukan, Kodim 1009/ Tanah Laut dan Kodim 1010/Tapin mengambil tema ” TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, yang sejalan dengan kebijakan Pemerintah untuk memberikan kesempaan membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata yang sekaligus sebagai momentum mengelorakkan kembali  semangat gotong royong.

Baca Juga Dong:  Warga RT 12 Siap Menangkan Faisal di Pilkades Tanjung Karang

Dandim 0911 ini juga menyebutkan, dalam kegiatan TMMD Ke-111 melibatkan 4 satgas TMMD di 4 wilayah dengan di dukung dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Dinas Sosial, Pekerjaan Umum, Kejaksaan dan Polri.

“Sebagaimana diketahui pecapaian kinerja Satgas TMMD Ke-111 telah mencapai 100 persen dengan sasaran fisik dan non fisik. Dengan sinergi yang dilakukan bersama dinas-dinas melaksanakan penyuluhan KB, Buta Aksara, Stunting, Posyandu dan Penyakit tidak menular serta Hukum dan Pertanian,” sebutnya.

“Keterlibatan TNI  dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP, memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” Pungkas Eko Pur Indriyanto (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan