UPT LLA Sebatik: Kesadaran Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Masih Rendah

Zainal Abidinsyah, SE Kepala UPT LLA Sebatik Dinas Perhubungan.
Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN-Dinas Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lalu Lintas dan Angkutan (LLA) Sebatik merasa dengan kejadian yang baru-baru ini viral, seakan tidak membuat efek jera bagi masyarakat yang mengunakan bahu jalan untuk menjemur hasil tani atau hasil dari melaut. Selain itu kesemerawutan beberapa Masyarakat dalam budaya berlalu lintas masih rendah.

Kepala UPT LLA Sebatik Zainal Abidinsyah mengungkapkan sangat menyayangkan budaya berlalu lintas masyarakat, bentuk kelakuan berlalu lintas ini menunjukan bahwa budaya berlalu lintas pada kebanyakan masyarakat sangat rendah. Kesemerawutan di jalan raya kerap sering kali dijumpai di jalan raya.

Bacaan Lainnya

“Budaya instan, mau menang sendiri dengan tidak memperhatikan keselamatan orang lain masih sangat dominan dijalankan oleh sebagian masyarakat pengguna jalan,” Jelas Zainal.

Dikatakannya, dengan persoalan ini perlu program progresif dan berkesinambungan yang harus dilakukan oleh para stakeholder yang mengelola lalu lintas dan angkutan jalan untuk berjibaku didalam melaksanakan penegakan dan peningkatan disiplin berlalu lintas dijalan raya.

Menurutnya, kelakuan berlalu lintas sebagian masyarakat pengguna jalan mencerminkan karakter kepribadian suatu bangsa. Kepribadian suatu bangsa harus dibentuk melalui suatu tindakan yang memaksa setiap individu untuk taat pada ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“Penegakan disiplin berlalu lintas perlu dijalankan secara maksimal. Pemberlakuan denda secara maksimal merupakan salah satu cara untuk meningkatan penegakan disiplin berlalu lintas dan juga solusi untuk peningkatan disiplin berlalu lintas,” Pungkas Zainal. (*)

Tinggalkan Balasan