Organda Nunukan Tolak Rencana Pelindo Gunakan Tronton di Dalam Kota, Ini Alasan Haji Loading

Ketua Organda Nunukan, Haji Loading.

NUNUKAN, Pembawakabar.com-Berdasarkan surat edaran Pelindo IV Nunukan perihal Trucking Petikemas keluar YC Pelabuhan yang diterbitkan pada 15 Juli 2021.

 

Bacaan Lainnya

Dari edaran tersebut, Ketua Organda Kabupaten Nunukan Haji Laoding mewakili sopir truk menolak pihak Pelindo untuk mengunakan kendaraan tronton di jalan umum.

 

Ia mengungkapkan, Pelindo IV Nunukan akan mengangkut kontainernya mengunakan kendaraan tronton, dimana tronton tersebut akan masuk di jalan umum dan tentu mengganggu pengguna jalan atau pengendara lainnya.

 

“Saya rasa apabila tronton itu di gunakan masuk ke jalan umum tentu menganggu pengguna jalan di dalam kota. Yang jelas sebagai organisasi Angkutan angkutan Darat (Organda) menolak tronton itu beroperasi di dalam kota, kecuali langsung ke Sei Lancang atau Binusan ,” ujar Haji Laoding, Senin (19/7).

 

Menurutnya, meskipun hal itu baru baru direncanakan Pelindo, namun Haji Laoding memastikan akan bermasalah kedepannya, karena lahan pencarian sopir truk yang ada di Pelabuhan hilang karena tronton tersebut.

 

” Meski ini baru di rencanakan, ini pasti nanti bermasalah karena kendaraan tronton itu besar dan pasti menganggu lalulintas di jalan umum, kemudian hilangnya mata pencarian sopir truk yang ada di Pelabuhan,” pungkasnya.

 

Adapun bunyi dalam surat edaran Pelindo sebagai berikut,

  1. Menidaklanjuti keluhan pelaku usaha (Penerima Barang) khusus dalam kota Nunukan, bahwa selama ini kegiatan stripping barang dalam petikemas dilaksanakan pada Depo container Yard (CY) pelabuhan Nunukan, adapun keluhan penerima barang:
  • Barang terlambat di antar karena bersamaan pengajuan permintaan Stripping Dooring.
  • Adanya Potensi kerusakan barang, jika Stripping di pelabuhan akibat dari drouble handling (Depo dan Gudang).
  • Pengurangan biaya Logistik Koperasi TKBM di pelabuhan.
Baca Juga Dong:  Haji Herman Baco Berikan Bantuan100 Tabung Berisi Oksigen untuk RSUD Nunukan

     2. Butir 1 diatas, kami sebagai jasa pengurusan Transportasi (JPT) PT Pelindo Cabang Nunukan yang                              mewakili  pemilik barang akan melayani trucking langsung dengan petikemas ke Gudang atau toko-toko                  dengan mengunakan tronton 10 roda khusus peti kemas yang berstatus full Container Load (FCL),                              selanjutnya kami mohon dukungan kepala Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Nunukan. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan