oleh

Pengangkutan Sampah Disebatik Tidak Maksimal Karena Kekurangan Armada dan Petugas

NUNUKAN- UPT Dinas Lingkungan Hidup di Sebatik di nilai tidak maksimal mengangkut sampah. Setiap minggunya hanya mampu mengangkut dua kali.

Kepala desa Tanjung Aru, Budiman membeberkan jika pihak DLH kewalahan menangani sampah di dua kecamatan.

“DLH kewalahan menangani sampah di dua kecamatan, perminggunya mengangkut dua kali. Maunya kita tiga hari sekali bukan dalam satu minggu. Alasannya DLH kekurangan armada,” jelas Budiman beum lama ini saat ditemui Pembawakabar.com.

“Terkadang sampah itu sudah penuh tapi pihak DLH belum mengangkut. Yang kita takutkan dengan adanya bak sampah yang kita sediakan penuh dan tidak diangkut akan menyebabkan bau dari sampah itu, jadi perlu diangkut tiga hari sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT DLH Sebatik, Irwan saat di konfirmasi mengakui jika pengkangkutan sampah di Sebatik berjalan baik. “Efektif atau tidak itu relatif, Kalau dilihat dari rute pengangkutan yang sudah ditentukan sudah dioptimalkan dengan sumber daya yang dimiliki. Tapi kalau melihat dari timbulan sampah yang dihasilkan masyarakat sebatik dengan kapasitas pengangkutan itu yang belum memadai,” ujarnya.

Irwan menyebutkan kapasitas pengangkutan normalnya 3 kali pengangkutan sesuai jumlah armada yang dimiliki. Tapi riilnya dilapangan terkadang pengangkutan antara 3 sampai 4 kali pengangkutan dalam sehari.

“Kendala nya hanya armada  angkutan dan petugas yang masih terbatas. Kemudian biaya operasional untuk peningkatan layanan dari yang sudah ada. Harapan saya adalah ada nya support berupa penambahan armada baik kendaraan angkutan maupun penambahan petugas,  apalagi melihat kondisi pulau sebatik yang senantiasa berkembang baik dari sisi ekonomi maupun populasi, ini akan berdampak penambahan timbulan sampah yang lebih dimasa-masa mendatang,” jelasnya.

“Kita juga menginginkan adanya sinergitas dari Pemerintah desa untuk berkolaborasi menangani permasalahan sampah disetiap desa, serta perlu dibarengi dengan peningkatan kesadaran masyarakat untuk dapat mengelola sampah dengan benar,” Pungkasnya. (DN/OV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed