Pemdes Sungai Nyamuk dan Tanjung Harapan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Print Friendly, PDF & Email

SEBATIK, Pembawakabar.com-Dua Desa dari Kecamatan Sebatik Timur melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi perangkat desanya di Balai BPU Desa Sungai Nyamuk, Kamis (30/12/2021).

Dua desa tersebut adalah Desa Sungai Nyamuk dan Desa Tanjung Harapan dengan pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Fery Wahyuddin, Camat Sebatik Timur Wahyuddin dan Andi Muliama Kasi Kesra Kecamatan Sebatik Timur.

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini bertujuan sebagai bekal sehingga perangkat desa memahami tugas dan fungsi sebagai pengelola anggaran dana Desa.

Feri Wahyuddin Kepala Seksi Bina Pengelola Aset Desa menerangkan, kegiatan yang dilaksanakan dua desa merupakan kegiatan yang baik. Hal ini dikarenakan kegiatan yang memberikan pemahaman tentang aturan bagaimana mengelola keuangan desa.

“Sebagai cara yang kami ambil karena waktu juga tidak begitu panjang, sehingga kami menyampaikan intisari-intisari dari peraturan-peraturan yang berlaku terkait pengelolaan keuangan Desa. Contohnya Permendagri 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dan peraturan-peraturan lain yang terkait langsung kepada intinya saja atau kepada poin-poin penting yang memang harus dipahami oleh pemerintahan desa, hal supaya mereka paham tugas dan fungsinya seperti apa kemudian juga paham resiko-resiko yang mungkin mereka akan hadapi kalau ada tindakan mereka yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait pengelolaan keuangan desa,”ujar Feri.

Dia berharap dengan kegiatan yang Dilakukan desa Sungai Nyamuk dan desa Tanjung Harapan bisa memicu desa lain untuk melaksanakan kegiatan yang sama dan terus berkelanjutan.

Baca Juga Dong:  Suarakan Kesejahteraan Perawat, DPW PPNI Kaltara Temui Gubernur Zainal

” Kami berharap lebih banyak lagi desa yang secara swakelola mengadakan kegiatan pelatihan seperti ini, yang kedua kami harapkan juga kegiatannya akan berkelanjutan, artinya tidak hanya dilakukan sekali saja tapi bisa dilakukan secara berkelanjutan entah itu mungkin setiap 3 bulan atau setiap enam bulan tergantung dari kemampuan keuangan di desa dan kesepakatan pemerintah desa beserta Badan Pendamping Desa (BPD) dan elemen terkait lainnya,”

“Setelah mengikuti pelatihan ini, aparatur desa kita, BPD kita itu menjadi lebih paham dan menjadi lebih semakin waspada agar mereka tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ” jelasnya.

Pada kegiatan pelatihan kapasitas aparatur pemerintah desa dihadiri Kepala desa Tanjung Harapan, Sekretaris desa Sungai Nyamuk berserta staf desa serta kepala Dusun dan seluruh anggota BPD.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan