Wabup Nunukan Sampaikan Nota Pengantar RPJMD Tahun 2021-2026

H. Hanafiah Wabup Nunukan saat menyampaikan Nota Pengantar RPJMD tahun 2021-2026.

NUNUKAN, Pembawakabar.com-Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah menyampaikan nota pengantar rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nunukan tahun 2021-2026 dalam rapat paripurna ke-7 masa persidangan I tahun sidang 2021-2022, di ruang Paripurna DPRD Nunukan, Selasa (7/9).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Nunukan Hj Leppa didampingi wakil ketua I H. Saleh dan wakil ketua II Burhanuddin, dihadiri anggota DPRD, Sekretaris Daerah Serfianus dan Kepala OPD serta Kabag di lingkungan pemerintah Kabupaten Nunukan.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Wabup Hanafiah menyampaikan berdasarkan ketentuan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan undang-undang nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah daerah diamanatkan untuk menyusun sejumlah dokumen perencanaan dimana salah satunya adalah dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

RPJMD merupakan penjabaran dari Visi Misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan RPJMN.

Hanafian menuturkan, secara teknis tata cara penyusunan dokumen RPJMD mengacu pada ketentuan peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, dimana akan melewati 6  tahapan yaitu tahap persiapan penyusunan, tahap penyusunan rancangan awal RPJMD, tahap penyusunan rancangan RPJMD, tahap pelaksanaan Musrenbang RPJMD, tahap penyusunan rancangan Akhir RPJMD dan tahap penetapan RPJMD menjadi peraturan daerah.

Baca Juga Dong:  Lestarikan Tarian Daerah, UPT Taman Budaya Gelar Temu Tari se-Kaltara

“Saat ini kita masih berada dalam tahap kedua yaitu Penyusunan Rancangan Awal RPJMD dimana telah mendapatkan masukan penyempurnaan melalui Forum Konsultasi Publik yang dilaksanakan pada Tanggal 26 Agustus 2021 dan selanjutnya sesuai ketentuan Pasal 49 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 maka Kepala Daerah mengajukan Rancangan awal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan,” tuturnya.

Lebih lanjut Hanafiah menyampaikan, sejumlah program pembangunan daerah yang berhubungan langsung dengan upaya pencapaian pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang pendidikan, kesehatan, sarana air bersih, sanitasi, ketentraman dan ketertiban umum serta sosial menjadi muatan utama rancangan awal RPJMD.

“Kami berkeyakinan bahwa Program Pengelolaan Pendidikan, Program Pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan oleh perangkat Daerah penyelenggara urusan pendidikan menjadi bagian utama dari upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Demikian juga halnya dengan program pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, program pemberdayaan masyarakat bidang Kesehatan  yang dilaksanakan oleh erangkat daerah penyelenggara urusan kesehatan. Diharapkan menjadi bagian dari upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ucap Hanafih.

Selanjutnya dalam bidang ekonomi melalui pengembangan pengelolaan sumber daya lokal yang berkelanjutan pada sektor pertanian, perikanan, UMKM dan pariwisata diharapkan mampu mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Adapun Misi Kabupaten Nunukan dalam mewujudkan Visi dalam RPJMD di tahun 2021-2026 yang aman, maju, adil dan sejahtera diantaranya,

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing
  2. Meningkatkan infrastrukrtur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan mendukung pertumbuhan ekonomi
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis pengembangan sumber daya lokal
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelaksanaan agenda reformasi birokrasi
  5. Meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan; dan
  6. Mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat yang aman, tertib dan tenteram. (***)
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan