Lupa Matikan Kompor Gas, Satu Unit Rumah Panggung Ludes Terbakar

Print Friendly, PDF & Email

SEBATIK – Satu unit rumah panggung berbahan kayu ludes terbakar pada Selasa (16/5/2023) dini hari.

Rumah tersebut milik Syarifuddin (60) warga Jalan Ahmad Yani RT 04 Desa Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melalui Sekretaris, Budi Prasetya mengatakan informasi kebakaran diterima sekitar pukul 00.34 Wita dini hari.

“Kita langsung menurunkan 4 unit mobil pemadam kebakaran dari Sebatik Utara dan Sebatik Timur, ditambah 1 unit mobil rescue serta 30 personel damkar,” kata Budi.

Petugas berusaha dengan cepat memadamkan kobaran api, sekitar 45 menit api berhasil dijinakkan dan dilakukan pendinginan selama 1 jam kemudian, untuk memastikan api benar-benar padam.

“Api cepat membesar disebabkan bangunan yang terbakar berbahan kayu, diperkirakan luas rumah yang terbakar berukuran 8 x 20 meter persegi,” jelasnya.

Budi menambahkan, pada bagian bawah rumah panggung yang terbakar, terdapat petakan-petakan rumah yang disewakan kepada 7 kepala keluarga.

Personel damkar juga berhasil melokalisir kios BBM milik H. Kasturi yang jaraknya sekitar 5 meter dari rumah yang terbakar, dengan cara melakukan pendinginan agar api tidak merembet ke kios tersebut.

“Menurut keterangan pemilik rumah, dugaan sementara penyebab kebakaran karena kelalaian salah seorang penyewa rumah yang lupa mematikan kompor gas sebelum istirahat, pemilik rumah juga mengatakan awal mula api berasal dari rumah (petakan) bagian belakang,” ujar Budi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sementara jumlah kerugian materi masih dalam proses perhitungan.

“Untuk proses pemadaman dan pendinginan berjalan lancar, akses menuju TKP juga tanpa hambatan karena berada di pinggir jalan poros, sumber air dari mobil supply ditambah 2 mobil pickup berisi air milik warga serta kolam ikan berada di dekat TKP,” tutup Budi.(*)

Dengarkan Kami di Aplikasi Solatafm Nunukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *