Persiapan Iraw II, Desa Binusan Bangun Pagar Rumah Adat yang Akan Tuntas Bulan Ini

Pembangunan Pagar rumah Adat Tidung desa Binusan.

NUNUKAN, Pembakabar.com-Pembangunan pagar rumah adat (Baloy) Tidung mencapai 75 persen. Pembangunan ini ditargetkan akan tuntas akhir bulan September 2021.

“Pembangunannya sudah mencapai 75 persen, ini kita targetkan rampung bulan september ini. Saat ini dalam tahap plesteran nanti setelah itu baru pengecatan,” kata Rudihartono kepada Pembawakabar.com, Selasa (8/9).

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan, untuk ukuran pagar keliling rumah adat 200 meter dengan tinggi pagar 2 meter. “Kita harap ini cepat tuntas karena kita juga akan mempersiapkan kegiatan Iraw II yang akan dilaksanakan pada bulan november. Sehingga apabila bulan ini tuntas pembangunan pagar tersebut, dibulan Oktober kita sudah mempersiapkan untuk kegiatan Iraw II,” terangnya.

Tidak hanya pembangunan pagar rumah adat, Hutan Mangrove desa Binusan telah mencapai 99 persen, namun untuk sementara hutan mangrove belum dapat dikunjungi untuk umum dikarenakan menunggu peresmian yang akan diresmikan pada kegiatan Iraw II dibulan November.

“Untuk hutan Mangrove sudah mencapai 99 persen, namun kita belum buka untuk umum karena nanti sekaligus di resmikan diacara Iraw II,” tutur Rudi.

Sementara itu, Abit Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Binusan menjelaskan sebagai LPM Desa Binusan pihaknya terus berkonsultasi terhadap pemerintah Desa Binusan terkait dengan pembangunan pagar dan Hutan Mangrove.

“Kita konsultasikan apa yang menjadi harapan bersama, demi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kita harus terjun untuk meninjau  langsung pembangunannya.,” terangnya.

Sebagai Ketua LPM Abit menjelaskan melihat pembangunan pagar rumah adat yang telah mencapai 75 persen pengerjaan sangat cepat.

Baca Juga Dong:  Peduli Warga Terdampak Covid, PKK Kaltara Bagikan Bantuan untuk Penyintas

“Pengerjaannya lumayan cepat,  tinggal plesteran saja sama pengecatannya.  Namun kita lihat nanti cuaca seperti apa kalau cuaca panas pengerjaan bisa dipastikan pertengahan bulan selesai, namun kalau hujan terus ini kendala kita yang kita harus carikan solusi bersama bagaimana nantinya, yah semoga cuaca baik-baik saja sehingga pekerjaan ini tidak terhambat,” pungkasnya. (***)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan