PKBM Ambalat Mulya Terapkan Belajar Melalui Vidcon

KUTAI TIMUR- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ambalat Mulya mulai melakukan pembelajaran Daring melalui video conference (Vidcon). Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang mewabah di Indonesia.

Jumadil Ketua PKBM Ambalat Mulya, Jumat (10/3) menjelaskan ditengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita dituntut untuk siap melakukan lompatan dan terobosan baru di dalam proses pembelajaran yang selama ini mungkin jarang dilakukan. Terobosan tersebut yakni transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru.

“Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi,”Sebutnya.

Dikatakannya, PKBM Ambalat Mulya salah satu dari banyaknya lembaga pendidikan yang harus melakukan terobosan dalam proses belajaran daring. Hal ini sejalan dengan surat edaran menteri pendidikan yang menuntut untuk dilakukan belajar dirumah.

Langkah-langkah pembelajaran daring yang dilakukan oleh PKBM Ambalat Mulya adalah dengan pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom.

Tidak hanya itu, Kata Jumadil, pembelajaran melalui media sosial dengan aplikasi Whatsapp Group (WAG) Facebook dan Blog. juga tak luput dilakukan sekaligus sebagai pemantauan dan evaluasi belajar selama wabah Covid-19 terjadi.

Sebagai lembaga pendidikan nonformal, PKBM Ambalat Mulya juga memberikan materi keterampilan kepada warga belajar salah satunya cara pembuatan Masker, hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan langkanya masker sehingga ini dapat menjadi tambahan penghasilan bagi warga belajar.

Al hasil harapan yang diinginkan terjadi dengan adanya orderan masker oleh salah satu warga belajar kami, Tita Rosita dari Kelas 11 Paket C.

Menurutnya, Pembelajaran via video conference(Vidcon) dianggap cukup efektif di dalam menarik minat belajar warga karena mereka tampak antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

Baca Juga Dong:  Ini Empat Kementerian yang di Kunjungi Gubernur Kaltara

“Ini tentu memberikan warna yang berbeda di dalam proses pembelajaran yang selama ini mereka ikuti. Ini juga merupakan sebuah bukti keseriusan pengelola PKBM Ambalat mulya dalam menjalankan program ditengah pandemic covid-19. Namun pelaksanaan tersebut masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi yakni tidak semua warga belajar memiliki hp android dan masih terjadi kendala pada jaringan,”Tutur Jumadil.

Jumadil berharap, semoga pandemic wabah Covid-19 ini segera berakhir dan proses pembelajaran dapat dilakukan secara langsung di PKBM.(**)

Tinggalkan Balasan