Sasar Warga Pesisir, Servak Maritim Lanal Banjarmasin Antusias Diikuti Pelajar dan Mahasiswa

Petugas kesehatan Lanal Banjarmasin saat memeriksa suhu tubuh calon penerima vaksin.
Print Friendly, PDF & Email

BANJARMASIN – Ratusan warga pesisir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) antusias mengikuti program Serbuan Vaksinasi (Servak) Maritim yang dilakukan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, Jumat (24/9/2021).

Kegiatan vaksinasi yang ke-39 kali ini, dilakukan oleh Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, dengan menyiapkan 155 dosis vaksin jenis Sinovac.

Bacaan Lainnya

Ditemui usai melaksanakan kegiatan Servak Maritim, dijelaskan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, operasi Servak Martim ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Banjarmasin.

“Dosis yang disiapkan kali ini sebanyak 155 dosis vaksin Sinovac. Sejak awal melakukan vaksinasi, Lanal Banjarmasin telah berhasil memvaksin masyarakat di wilayah Kalsel sebanyak 14.005 orang,” jelas Herbiyantoko.

Untuk sasaran vaksinasi kali ini, Herbiyantoko mengatakan, Lanal Banjarmasin menyasar warga pesisir yang berada di Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Selatan, khususnya para pelajar dan mahasiswa yang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

“Di dua kecamatan ini memang belum tersentuh layanan vaksinator, dikarenakan sulitnya akses transfortasi dan berada di wilayah pedalaman,” kata Danlanal.

Herbiyanto menegaskan, kegiatan Servak Maritim ini akan menjadi prioritas Lanal Banjarmasin, untuk memutus penyebaran Covid-19. Pasalnya, hingga saat ini di Banjarmasin terpantau masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan layanan vaksinasi.

“Memang, di Banjarmasin masih banyak warga yang belum divaksin baik dosis pertama dan kedua,” tegas Herbiyantoko.

“Dengan adanya gelaran Sevak Maritim ini, Lanal Banjarmasin ingin memudahkan warga untuk mendapatkan suntikan vaksin, agar tercipta kekebalan imunitas di elemen masyarakat luas,” tambahnya.

Baca Juga Dong:  Peluang Kaltara Terbuka Luas, Pemprov Ajak Investor Lirik Bidang Kesehatan dan Pendidikan Bertaraf Internasional

Selain melakukan kegiatan vaksinasi, Herbiyantoko menuturkan, untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kalsel, petugas vaksinator dari Lanal Banjarmasin terus berupaya mensosialisasikan gerakan vaksinasi dan protokol keseshatan (prokes).

Tidak hanya itu, lanjut Herbiyantoko, Lanal Banjarmasin juga mengajak masyarakat Banjarmasin dari berbagai kalangan usia, untuk segera melakukan vaksina di tempat-tempat yang telah ditentukan pemerintah.

“Yang belum vaksi ayo lakukan vaksinasi, agar program Vaksinasi Nasional yang dicanangkan Pemerintah cepat tuntas, sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” ajak Herbiyantoko. (*/KB04)

Tinggalkan Balasan