Tamu Undangan se Kalimantan Telah Hadir, Ritual Iraw Besok Digelar

Ritua Penyambutan Tamu, Iraw Tidung Borneo Bersatu Pertama.
Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN, Pembawakabar.com-Festival Iraw Tidung Borneo Bersatu Ke-2 yang akan gelar pada 27 Nopember kini telah 100 persen telah dipersiapkan.

Saat ini panitia tengah sibuk melakukan penjemputan tamu yang berdatangan untuk meramaikan festival Iraw yang akan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Tinjau SAE Lapas Nunukan, Kadivpas Kaltimtara Apresiasi Program Lapas Kelas IIB Nunukan

Kepala desa Binusan Rudihartono saat dihubungi Pembawakabar.com, Kamis (25/11) menjelaskan persiapan telah rampung 100 persen.

“Persiapan kita sudah 100 persen, saat ini kita lebih fokus kepada penjemputan tamu. Yang sudah hadir dari Kalimantan Timur, Kutai Kartanegara, Penajam Paser sudah hadir, sementara yang Pulau Tidung dari Jakarta kami belum menerima informasi apakah mereka akan hadir atau tidak ,” jelas Rudihartono.

Sementara untuk tamu undangan dari tiga negara yakni Malaysia, Filipina dan Brunai Darussalam berdasarkan pertemuan, kata Rudi tidak diperbolehkan dikarenakan dalam kondisi pandemi covid-19, hal demikian juga Pemerintah Malaysia yang belum membuka jalur untuk keluar.

Baca Juga:  Kejurnas Road Race Hadirkan Doni Tata

“Saudara-saudara kita yang dari Malaysia, Brunai Darussalam dan Filipina akan mengikuti secara virtual,” terang Rudi.

Dia menambahkan, hingga saat ini homestay yang telah disiapkan telah terisi 80 persen, dan akan bertambah lagi untuk besok.

“Homestay kita sudah 80 persen karena besok akan ada lagi tamu yang datang,” ucapnya.

Untuk diketahui, ritual iraw akan dimulai pada jumat, 26 Nopember 2021, sedangkan untuk kegiatan Festival Iraw Tidung Borneo Bersatu ke- 2 akan dirangkaikan dengan peresmian Wisata Hutan Mangrove Yaki Manurani, yang diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M. Hum.

Baca Juga:  Kades Binusan Minta Ketegasan Instansi Terkait Soal Aturan Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau

“Besok jam 14.00 wita kita akan ritual, kemudian untuk Peresmian wisata Hutan Mangrove diresmikan langsung oleh Pak Gubernur pada hari sabtu pagi jam 10.00 wita dan kegiatan Festival Iraw Tidung Borneo Bersatu,” Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.