Persiapan IRAW Tidung Borneo Bersatu ke-2, Panitia Mulai Lakukan Persiapan

Para Penari Pagun Binusan saat sedang berlatih, di Halaman Rumah adat Tidung. (Foto: Ist).
Print Friendly, PDF & Email

NUNUKAN, Pembawakabar.com- Persiapan penyelenggaraan Festival IRAW Tidung Borneo Bersatu ke II yang dijadwalkan pada 27-30 November mendatang, mulai melakukan persiapan dari sarana prasarana hingga pengisi acara.

Dari pantauan Pembawakabar.com, Minggu (24/10) kemarin, panitia bersama pengisi acara mengelar latihan tarian Pagun Binusan yang dipimpin langsung Ketua Panitia H. Sura’i, di Rumah adat Tidung, Desa Binusan, Kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Bacaan Lainnya

Dengan irama musik dan gerakan tubuh yang dimainkan sebanyak 80 penari dari  9 kelompok sanggar tari, sangat menampakkan keseriusan untuk mensukseksan IRAW Tidung Borneo Bersatu ke II kali ini.

“Alhamdulillah sampai saat ini untuk berbgai kesiapan terutama tari-tarian, kita sudah melakukan pemilihan dari 180 penari yang terpilih 80 penari dan ditetapkan dari 9 kelompok sanggar tari yang ada di Nunukan,”ungkap H. Sura’i Ketua Panitia IRAW Tidung Borneo Bersatu ke II.

Dia juga menjelaskan untuk persiapan lainnya, Panitia saat ini sedang mempersiapkan sarana pendukung untuk kegiatan  nanti.

“Perisapan kita sedang benahi arena kita yang di kiri dan kanan kita pasangkan tiang dan atap, kemudian halaman yang di belakang kita perbaiki juga halaman depan akan kita cat ulang, supaya kembali berwarna,” ujarnya.

Kordinator Lembaga Adat Tidung ini juga menyebutkan jika pelaksanaan IRAW Tidung Borneo Bersatu ke II nantinya akan dilaksanakan selama 4 hari, hal tersebut dikarenakan beberapa pertimbangan diantaranya anggaran yang tidak sama seperti anggaran tahun sebelumnya.

“Kita maunya 6 enam hari, karena pertimbangan kita yang banyak, salah satunya tingkat anggaran kita yang tidak sebaik tahun lalu, tetapi jika nantinya harus dilaksanakan 5 hari , yah kita akan menyesuaikan mana tahu ada yang belum diselesaikan nantinya,” Pungkas Sura’i. (*)

Baca Juga Dong:  Percepatan Pembangunan KIPI, Gubernur-Wagub Mediasi Pembebasan Lahan

 

Tinggalkan Balasan