Tiga Kurir Jaringan Internasional Narkoba di Bekuk Satresnarkoba Polres Nunukan

NUNUKAN-Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Nunukan berhasil mengamankan 3 orang tersangka dan menyita 3,5 kilogram sabu-sabu di Jalan Tien Soeharto Pelabuhan baru Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan.

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar melalui Kasubag Humas Polres Nunukan AKP M Karyadi, mengungkapkan kasus peredaran gelap narkotika ini bermula dari laporan masyarakat yang di curigai JU dan HA membawa jenis sabu-sabu yang baru tiba dari Malaysia dan berencana akan berangkat ke Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Dari informasi tersebut kita tindak lanjut dengan melakukan Penyelidikan di sekitar Pelabuhan Nunukan.

“Saat penyelidikan, Personel kita menemukan barang bawaan dari JU dan HA. Kita amankan barang tersebut dan kita lakukan pengeledahan ada 4 bungkus Plastik ukuran besar Warna Transparan berisi Narkotika golongan I jenis Sabu yang disimpan di dalam Karung berwarna Putih ukuran 50 kilogram yang dibungkus Jaket lalu dilakban Kuning dan dibungkus lagi dengan sarung tangan karet Warna Hitam lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik berwarna kuning dan biru dilapisi bungkus Plastik Teh China,” ungkap Karyadi, Minggu (11/4).

Berdasarkan keterangan Pelaku, JU dan HA, Sabu tersebut rencananya akan di bawa ke Sulawesi Selatan dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Thalia.

Dikatakan Karyadi, Sementara dari interogasi kedua pelaku, masih ada pelaku lainnya yang berada di Pinrang, Sulawesi Selatan berinisial ZA. Berbekal keterangan JU dan HA jajaran Satreskoba Polres Nunukan berangkat ke Pinrang, Sulawesi Selatan pada 07 April 2021 sekira jam 19.00 dan pada 9 April tim melakukan kontrol Delivery di Stadiun Bau Massepe, Pinrang, Sulawesi Selatan.

Baca Juga Dong:  Aparat Gabungan Lakukan Penyekatan di Beberapa Titik Rawan di Nunukan

” Dilakukan kontrol delivery di Pinrang, kedua pelaku yang kita amankan ini langsung menghubungi ZA untuk menjemput barang haram tersebut,
Beberapa jam kemudian di depan Stadiun Bau Massepe Jl. Bulu Pakoro Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, saat ZA dan satu rekannya muncul langsung kita amankan, tetapi rekannya ZA berinisial H berhasil melarikan diri dan kini kita jadikan Daftar Pencarian Orang (DPO),” ujar Karyadi.

Kini ketiga pelaku diamankan di Polres Nunukan bersama barang bukti Narkotika jenis Sabu 4 bungkus plastik warna transparan ukuran besar, sebuah Karung warna putih ukuran 50 kilogram, 2lembar Jaket warna hitam dan biru.

Kemudian 2 buah, kantong Plastik warna Kuning dan Biru, Gulungan lakban warna kuning, 4 sarung tangan karet warna hitam dan 2 bungkus plastik teh Cina merk Guanyinwang, juga kartu identitas Malaysia bernama Jumadi Bin Husain.

Turut diamankan 4 Handphone berbagai merk, uang tunai sebesar Rp 1,3 juta, 1 unit Mobil warna Putih Honda Mobilio, 1 unit sepeda motor hitam honda scoopy
m. 1 (satu) unit Sepeda Motor Warna Hitam Merk Honda Scoopy.

“Untuk pasal yang di kenakan undang-undang no 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar Karyadi. (*)

Tinggalkan Balasan